Antarajawabarat.com. 13/9 – Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Nasional (Itenas) menggelar perhelatan bertema "Harta Karuhun" dalam rangka menjaga kearifan lokal yang berlangsung di Kampus Itenas Jalan PHH Mustopa Kota Bandung.

"Generasi muda dan komunitas yang mulai sadar bahwa kearifan lokal itu harus benar-benar dijaga, acara ini salah satu cara kita untuk tetap menjaga kearifan lokal sekaligus pewarisan kepada generasi muda," kata Ketua Panitia Perhelatan Harta Karuhun, Mega Fitriani Puspita di Bandung, Jumat.

Dalam acara yang diselenggarakan pada 12-15 September 2013 tersebut hadir sejumlah komunitas, seperti Komunitas Pijar, Komunitas Hong, Wanadri dan Rumah Nusantara untuk mengulas tuntas warisan leluhur.

"Pematerinya nanti dari Wanadri dan Rumah Nusantara, mereka akan memaparkan mengenai ekspedisi mereka ke 92 pulau terluar Indonesia," kata Mega.

Mega mengatakan dalam acara tersebut akan ada pemberian penghargaan Desain Award IV yang akan diberikan kepada mahasiswa dan dosen yang berprestasi.

"Dalam Desain Award nanti ada 18 kategori, Desain Award tersebut akan diberikan kepada mahasiswa dan dosen yang berprestasi,"katanya.

Ia berharap acara tersebut sebagai pintu bagi mereka dalam mencari harta karuhun.
"Kita ingin acara ini menjadi pembuka kita untuk mencari harta karuhun itu, setelah acara ini kita ingin mencari langsung harta karuhun itu dengan melakukan ekspedisi, untuk permulaan di sekitar Jawa Barat dulu," kata Mega.

Dalam rangkaian perhelatan itu ditampilkan juga penerbangan lampion, pameran, bazaar, makan nusantara dan musik kontemporer.***4***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013