Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memperkenalkan inovasi terbaru diberi nama 'Berani Jalan' sebagai upaya pemulihan kondisi infrastruktur jalan di daerah ini.

Kepala Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan inovasi 'Berani Jalan' bertujuan meningkatkan konektivitas antarwilayah untuk memangkas waktu tempuh, sehingga aksesibilitas turut meningkat dan sektor ekonomi seperti pertanian dan industri juga akan mendapatkan manfaat signifikan.

"Meskipun tantangan dalam pemulihan infrastruktur jalan masih ada, inovasi 'Berani Jalan' ini diharapkan dapat memberikan solusi efektif dalam memperbaiki dan memelihara jaringan jalan di Kabupaten Bekasi," katanya, di Cikarang, Sabtu.

Dia menjelaskan Kabupaten Bekasi memiliki total jalan sepanjang 934 kilometer (km) dengan kondisi bervariasi. 563 km berstatus baik, 200 km sedang, 67 km rusak, serta 104 km masuk kategori rusak berat.

"Kalau dipersentasekan mungkin yang kondisi baik ini sekitar 59 persen begitu. Sementara kondisi kemantapan jalan yang ditetapkan di pusat itu harus mencapai 80 persen," ujarnya pula.

Menurut dia, kondisi jalan yang baik juga tidak menjamin tingkat manfaat berjalan optimal, mengingat peningkatan volume lalu lintas dari aktivitas industri, pasar, hingga permukiman berpotensi menurunkan tingkat manfaat jalan.

Dirinya menyebut penurunan tingkat manfaat itu berdampak pada konektivitas wilayah, makanya kondisi jalan perlu terus ditingkatkan baik dari sisi panjang, lebar, serta kemantapan atau kualitas jalan.

"Kemantapan jalan ini adalah kelaikan permukaan. Kalau kita lihat banyak jalan yang pecah, berlubang, retak-retak. Yang seperti itu harus kita pelihara, rekonstruksi, atau bangunkan kembali," ujarnya lagi.

Henri mengaku pada tahun ini Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi memiliki pagu anggaran perbaikan atau konstruksi jalan sebesar Rp300 miliar. Besaran anggaran tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, sebab tidak hanya digunakan untuk rekonstruksi, melainkan juga perbaikan jalan.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bina Marga Bekasi mengenalkan Berani Jalan pulihkan infrastruktur

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023