Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta pemerintah daerah, termasuk Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mendorong peningkatan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Airlangga menyebutkan pemerintah telah menaikkan plafon KUR menjadi Rp450 triliun untuk tahun 2023 ini, dari yang sebelumnya sebesar Rp370 triliun pada tahun 2022.

“Plafon KUR yang disediakan pemerintah tahun lalu Rp370 triliun. Dan tahun ini Rp450 triliun. Jadi Pak Bupati Dony Ahmad Munir, bisa digenjot KUR sebanyak-banyaknya, karena plafonnya ada,” kata Airlangga saat kunjungan kerja di Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang, Jawa Barat, Jumat.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan realisasi KUR di Sumedang tercatat sebesar Rp340 miliar per Juni 2023. Adapun realisasi KUR untuk Jawa Barat secara keseluruhan mencapai Rp9,1 triliun.

“Kami terus meningkatkan kapasitas UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Total KUR Jabar sampai awal bulan Juni kemarin sebesar Rp9,1 triliun. Kalau Kabupaten Sumedang per 6 Juni Rp340 miliar,” jelas Ridwan Kamil.
 

Secara nasional, realisasi penyaluran KUR sepanjang tahun 2023 sampai dengan 12 Juni 2023 telah mencapai Rp87,48 triliun dan diberikan kepada 1,6 juta debitur.

Pemerintah juga terus mendorong para pelaku UMKM di segala sektor untuk memanfaatkan KUR yang disediakan pemerintah agar permodalan tidak lagi menjadi hambatan UMKM untuk naik kelas.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Perekonomian Airlangga juga menyalurkan KUR secara simbolis kepada beberapa debitur. Menko juga berdiskusi singkat dengan para warga yang hadir dalam acara Edukasi dan Literasi Keuangan Inklusif, KUR dan KEJAR bagi Pemuda, Perempuan dan UMK yang Berkelanjutan.

Untuk mendukung pertumbuhan perekonomian, pemerintah secara langsung juga memberikan kesempatan dan mendukung para pelaku ekonomi untuk berkembang.


KUR bjb

Sebelumnya, Bank BJB bekerja sama dengan Kemenko Perekonomian RI mendorong generasi muda atau milenial agar lebih sejahtera dengan memberi kemudahan dalam mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR).
 
Dorongan tersebut salah satunya dilakukan dengan penyelenggaraan Festival KUR bertajuk "Super Gen-Creation: Anak Muda Sejahtera Bersama KUR", di Gedung Sate Bandung, pada Jumat-Sabtu (17-18/3).

Baca juga: Bank BJB luncurkan Digi versi baru di kuartal III tahun ini
 
Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB Nancy Adistyasari di Gedung Sate Kota Bandung, Jumat, mengatakan partisipasi Bank BJB dalam Festival Super Gen-Creation: Anak Muda Sejahtera Bersama KUR" merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam mendorong kemajuan UMKM terutama di kalangan anak muda.
 
"Bank BJB akan senantiasa berperan dalam memperkuat permodalan usaha bagi seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali anak muda," kata Nancy.
 
Oleh karena itu, diharapkan KUR Festival tahun ini bisa menjadi ajang bagi para pelaku UMKM generasi muda untuk dapat menggali ilmu hingga mendapat kemudahan akses permodalan untuk mengembangkan bisnis mereka.
 
Hari pertama acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia Susiwijono Moegiarso, turut hadir Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB Nancy Adistyasari beserta jajaran.
 
Festival tahunan ini diselenggarakan Kemenko Perekonomian dengan para penyalur serta penjamin KUR ini menghadirkan rangkaian kegiatan mulai dari talkshow, sharing session, panggung hiburan, hingga sejumlah kompetisi yang dapat diikuti oleh anak muda secara gratis.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menko Airlangga minta pemda tingkatkan penyaluran KUR

Pewarta: Imamatul Silfia

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023