Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Mochamad Ashari menyatakan peserta dengan nilai tertinggi dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 diterima pada Program Studi Teknik Informatika S1 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Ashari yang juga Rektor ITS ini menuturkan peserta yang berhasil lolos menjadi mahasiswa baru di kampusnya tersebut memiliki nilai UTBK SNBT mencapai 827,94.

“Peserta nilai tertinggi UTBK SNBT 2023 diterima di ITS pada Program Studi Teknik Informatika dengan nilai 827,94,” katanya dalam konferensi pers Hasil Seleksi Jalur SNBT di Jakarta, Selasa.

Sementara peserta dengan nilai UTBK SNBT tertinggi kedua yaitu sebesar 827 diterima pada Program Studi Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) dan nilai tertinggi ketiga sebesar 818,51 diterima pada Program Studi Ilmu Komputer S1 Universitas Indonesia (UI).

Nilai UTBK SNBT tertinggi keempat dan kelima yaitu 816,4 dan 811,81 masing-masing diterima pada Program Studi Sekolah Teknik Elektro dan informatika (STEI) Komputasi Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Program Studi Kedokteran UPN Veteran Jakarta.


Ashari menuturkan secara keseluruhan, peserta yang lolos pada UTBK SNBT tahun ini sebanyak 223.217 orang dari total pendaftar 803.852 orang dengan kuota diterima sebanyak 259.635 orang.

Ia menjelaskan materi UTBK SNBT 2023 memiliki perbedaan dibanding tahun lalu, yakni dari sisi materi tes yang pada tahun ini terdapat tes potensi skolastik dan literasi.

Untuk tes potensi skolastik meliputi empat sub-tes, yakni kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, serta pengetahuan kuantitatif.

“Untuk yang literasi, yaitu literasi Bahasa Inggris, literasi Bahasa Indonesia, dan penalaran matematika,” ujar Ashari.

ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat (Jabar) menerima 1.793 orang calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Dr. Naomi Haswanto, S.Sn., M.Sn, di Bandung, Selasa, menjelaskan pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai hari Selasa (20/6) 2023, pukul 15.00 WIB, melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau https://snbp.itb.ac.id.

Untuk calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNBT 2023 tersebut merupakan peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diadakan di berbagai lokasi di seluruh Indonesia, pada tanggal 8 hingga 14 Mei 2023 (Gelombang 1) dan tanggal 22 hingga 28 Mei 2023 (Gelombang 2).

Dia mengatakan pada pelaksanaan UTBK tersebut, ITB merupakan salah satu dari 74 Pusat UTBK yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT tahun 2023, 1.793 orang calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB terdistribusi ke berbagai fakultas/sekolah yang tersedia, sesuai dengan pilihan masing-masing calon mahasiswa.

Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SNBT 2023 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni sampai 1 Juli 2023 secara daring.

Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi.

Calon mahasiswa ITB lulusan SNBT 2023 diharapkan untuk membaca dan memperhatikan secara seksama informasi mengenai tata cara dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru di laman tersebut.

Sebagai informasi tambahan, mulai tahun akademik 2023/2024, ITB akan menyelenggarakan Program Tahap Pertama Bersama (TPB) di ITB Kampus Jatinangor.

Dengan demikian, seluruh mahasiswa baru program sarjana ITB tahun akademik 2023/2024 dari seluruh jalur seleksi penerimaan mahasiswa, akan berkegiatan di ITB Kampus Jatinangor.

Oleh karena itu, ITB menghimbau agar seluruh calon mahasiswa yang akan atau telah melakukan proses pendaftaran ulang mahasiswa baru, serta akan mempersiapkan tempat tinggal, dapat selalu mengikuti berita- berita terkini melalui laman https://admission.itb.ac.id atau https://www.itb.ac.id, serta melalui Instagram @akademikitb atau @itb1920, demikian Naomi Haswanto.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ketua SNPMB: Peserta nilai tertinggi UTBK SNBT 2023 diterima di ITS

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023