Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mulai mengoptimalkan promosi sejumlah destinasi pariwisata di Pangandaran ke sekolah-sekolah di berbagai daerah lain menyambut musim libur sekolah untuk mendongkrak kunjungan wisatawan yang akhirnya meningkatkan pendapatan asli daerah dan perekonomian masyarakat.

"Kami lakukan promosi ke sekolah-sekolah yang ada di beberapa kabupaten terdekat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa.

Ia menuturkan saat ini sudah mulai musim libur sekolah yang menjadi peluang untuk menarik kunjungan wisatawan dari berbagai daerah ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran.

Upaya yang dilakukan Disparbud Pangandaran, kata dia, salah satunya dengan mempromosikan langsung ke sekolah-sekolah, maupun melakukan promosi di media sosial yang saat ini dilaksanakan oleh Bidang Promosi Disparbud Pangandaran. "Baru kali ini saya 'push' Bidang Promosi untuk lakukan ini," kata Tonton.

Ia menyampaikan gerakan promosi yang dilakukan Disparbud Pangandaran yaitu menyampaikan tentang beragam destinasi wisata edukasi yang ada di Pangandaran.

Ia berharap upaya yang dilakukan jajarannya bisa mendorong sekolah-sekolah untuk melakukan tur wisata ke Pangandaran. "Ini saja baru dilakukan, semoga ada hasilnya," katanya.

Ia mengimbau seluruh pelaku usaha pariwisata seperti perhotelan maupun tempat sewa penginapan, usaha kuliner, maupun sektor lainnya untuk menyambut baik dengan memberikan pelayanan prima kepada wisatawan. "Mari kita sambut liburan sekolah dengan pelayanan prima kepada wisatawan," kata Tonton.
Kabupaten Pangandaran merupakan kawasan destinasi wisata ternama di wilayah bagian timur Provinsi Jawa Barat yang terletak berbatasan dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Daerah Pangandaran memiliki cukup beragam destinasi wisata selain pantai dan keindahan laut, juga ada wisata air lainnya yakni menyusuri sungai, cagar alam, dan wisata alam lainnya.

Wilayah Pangandaran juga sudah berdiri banyak hotel berbintang dan akses jalan yang memadai menghubungkan antardestinasi wisata.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023