Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Jawa Barat, menggelar Pasar Kreatif 2023 dengan menampilkan produk-produk industri kreatif di tujuh mal di Kota Bandung, Jawa Barat, guna meningkatkan omzet pelaku ekonomi kreatif (ekraf).
 
Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan gelaran tahunan itu menampilkan produk fesyen, alas kaki, kriya, hingga beberapa produk unggulan lainnya yang diproduksi oleh industri kreatif asal Kota Bandung.

Baca juga: Kota Bandung tuntaskan dua kolam retensi baru untuk reduksi banjir
 
"Pasar Kreatif 2023 dilaksanakan di tujuh mal mulai akhir Juni hingga pertengahan Agustus 2023," kata Elly di Bandung, Jawa Barat, Senin.
 
Dia mengatakan tujuh mal yang akan diisi oleh acara Pasar Kreatif itu di antaranya Mal Bandung Indah Plaza, Trans Studio Bandung, Cihampelas Walk, Paris Van Java, 23 Paskal Shopping Center, The Kings Shopping Center, dan Mal Festival Citilink.
 
Elly mengatakan tujuh mal itu menggelar Pasar Kreatif tidak secara serentak. Namun Pasar Kreatif yang segera digelar itu di Mal Bandung Indah Plaza pada 30 Juni 2023.
 
Pada tahun 2023 ini, Elly menargetkan omzet dari kegiatan Pasar Kreatif itu bisa meningkat dibandingkan Pasar Kreatif di tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, menurutnya, omzet Pasar Kreatif mencapai Rp8,2 miliar dari sekitar 260 pelaku usaha di enam mal.
 
"Kalau kemarin itu dari enam mall selama 10 hari, yang diikuti 260 pelaku usaha, omzet mencapai Rp8,2 miliar. Kita harapkan tahun ini ekonomi di Kota Bandung menggeliat diharapkan lebih dari Rp 8,2 miliar," kata dia.

Baca juga: Dorong pertumbuhan ekonomi, Pemkot Bandung targetkan 10.000 NIB
 
Elly pun mengatakan Pasar Kreatif 2023 ini memiliki perbedaan dibandingkan tahun 2022. Karena, kata dia, kurang lebih 40-50 persen pelaku ekonomi kreatif yang turut serta merupakan wajah baru.
 
"Warga Bandung dan luar Kota Bandung dipersilahkan untuk berkunjung bahkan berbelanja di Pasar Kreatif, asli produk unggulan Kota Bandung," katanya.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023