Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggratiskan biaya sambungan baru untuk 600 keluarga penderita stunting di Cianjur serta 1.600 sambungan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di sejumlah wilayah di Cianjur.

Direktur Utama Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, Budi Karyawan, di Cianjur, Senin, mengatakan pemasangan sambungan baru gratis juga akan diberikan untuk 1.200 sambungan baru bagi kalangan masyarakat umum sebagai kontribusi pada Hari Jadi Cianjur ke-347.

"Siapa saja boleh mendaftar dengan menyertakan persyaratan mulai dari KTP dan Kartu Keluarga (KK), program pemasangan sambungan gratis berlaku selama 1 Juni-31 Juli 2023," katanya.

Warga yang berminat mendapatkan sambungan gratis dapat mendatangi kantor Perumdam terdekat atau datang langsung ke kantor pusat Perumdam Tirtamukti Cianjur karena program tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga di sejumlah kecamatan, termasuk wilayah terdampak gempa.

Sedangkan program lainnya yang diberikan Perumdam untuk pelanggan yaitu menggratiskan biaya balik nama untuk menghindari terjadinya permasalahan tunggakan ketika warga membeli rumah dari orang lain yang sudah menunggak pembayaran sejak lama.

"Balik nama biasanya dilakukan untuk pelanggan yang baru membeli rumah, ketika ditagih ke pemilik baru, ini kerap menjadi masalah karena merasa sebelumnya tidak menggunakan air dari Perumdam," katanya.

Sejak dibukanya sejumlah program, khususnya untuk balik nama gratis, pihaknya mendapat laporan sudah lebih dari 50 orang mendaftar di Kantor Cabang Cianjur dan puluhan lainnya di kantor cabang di masing-masing kecamatan di Cianjur.

Sedangkan untuk meringankan beban warga korban gempa yang masih bertahan di tenda dan hunian darurat, setiap bulan pihaknya telah menyalurkan bantuan pangan dan air bersih bekerja sama dengan PMI Cianjur menggunakan tangki air milik PMI.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023