Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, telah melakukan imunisasi polio lengkap atau sub pin polio putaran ke-2 sebanyak 129 ribu anak usia 0-59 bulan, dari target 166 ribu.

"Untuk sub pin polio putaran ke-2 kami sudah mencapai 129 ribu anak," kata Sub Koordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Dendi Hamdi di Cirebon, Kamis.

Dendi mengatakan, imunisasi polio putaran pertama, terdapat 166 ribu anak usia 0-59 bulan di Kabupaten Cirebon mendapatkan imunisasi, untuk mencegah virus yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Ia menjelaskan, pada putaran ke-2, setiap hari pihaknya menyasar lebih dari 27 ribu anak di Kabupaten Cirebon, untuk mendapatkan vaksin polio.

Sehingga, dalam sepekan, lanjut Dendi, diharapkan imunisasi polio bisa menyasar kepada seluruh target sasaran yaitu 166 ribu anak, karena hingga saat ini sudah mencakup 77 persen.

"Untuk target kami hari Sabtu (27/5) semua sasaran sudah mendapatkan imunisasi polio putaran kedua," tuturnya.

Dendi menambahkan, imunisasi polio dilakukan serentak oleh petugas dari puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon, dibantu oleh para kader.

Selain itu, imunisasi polio juga dilakukan di setiap posyandu yang ada di Kabupaten Cirebon, sehingga diharapkan bisa semakin cepat dan tepat.

"Imunisasi ini dilakukan serentak, jadi setiap puskesmas telah memetakan daerah mana yang akan disasar terlebih dahulu, dan per harinya 27 ribu anak mendapatkan vaksin polio," katanya. 


 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023