PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) menggandeng Asosiasi Pengembang dan Pemasar Rumah Nasional (ASPRUMNAS) untuk mewujudkan rumah tahan gempa bagi masyarakat Cianjur, yang sempat terdampak gempa pada November 2022.

Kerja sama keduanya ditandai oleh penandatanganan nota kesepahaman tentang Penyediaan Rumah Unggul Sistem Panel Instan (RUSPIN) untuk Masyarakat Terdampak Bencana Alam, yang ditandatangani oleh Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dan Ketua Umum ASPRUMNAS M. Syawali pada Selasa (23/5) di Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat.

“Melalui kerja sama ini SMF nantinya akan menyediakan dukungan pendanaan yang akan disalurkan melalui lembaga keuangan atau lembaga keuangan syariah untuk mendukung pembangunan RUSPIN bagi masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa,” kata Ananta dalam keterangan resmi, Selasa.

Dalam kesempatan penandatanganan tersebut, Ananta bersama M. Syawali juga berkesempatan berkeliling meninjau lokasi workshop pembuatan RUSPIN, yang merupakan model rumah tahan gempa yang dikembangkan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Permukiman Kementerian PUPR.

Cianjur diterjang gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo pada 2022 hingga 56 ribu rumah warga mengalami kerusakan, baik rusak ringan maupun berat.

Pembangunan RUSPIN diharapkan menjadi solusi dalam merevitalisasi pemukiman warga yang terdampak bencana tersebut.

RUSPIN merupakan rumah rangka pracetak dengan sistem panel yang menggunakan sambungan baut yang dapat dipasang sehingga terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan.


 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: SMF gandeng ASPRUMNAS wujudkan rumah tahan gempa bagi warga CIanjur

Pewarta: Sanya Dinda Susanti

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023