Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, melepas ekspor puluhan ton komoditas kopi asal Kabupaten Subang, Jawa Barat ke dua negara di Timur Tengah, yakni Mesir dan Lebanon..

Prosesi pelepasan ekspor kopi itu dilakukan langsung oleh Wamendag, di resi gudang PT Thara Jaya Niaga, Desa Mulyasari, Kecamatan Binong, Subang, Senin.

Jumlah kopi yang diekspor ini masing-masing sebanyak 25 ton ke dua negara di Timur Tengah tersebut.

Jadi untuk jumlah total kopi hasil produksi Koperasi Gunung Luhur Berkah yang diekspor ke Mesir dan Lebanon tersebut sebanyak 50 ton.

"Kopi Subang sangat diminati oleh negara-negara khususnya di Timur tengah, jadi ini kesempatan emas petani Subang agar bisa terus meningkatkan produksi kopinya, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan mereka," kata Jerry.

Menurut dia, ekspor kopi Subang itu merupakan buah dari upaya pemerintah mendongkrak nilai komoditas melalui program resi gudang yang telah digulirkan Kementerian Perdagangan.

Dengan adanya resi gudang, maka petani bisa tunda jual sementara. Adapun produknya bisa disimpan di gudang tersebut sambil menunggu harga tinggi untuk dijual.

Manfaat lainnya, produk yang disimpan di resi gudang akan tersertifikasi dan bisa menjadi agunan jika disimpan di perbankan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Puluhan ton kopi produk koperasi di Subang ekspor ke Timur Tengah

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023