Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, hingga hari ke-13 pendaftaran baru menerima 395 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari delapan partai politik (parpol) yang telah resmi mendaftarkan bacalegnya. 

"Hingga hari ke-13 ini kami baru menerima pendaftaran bacaleg dari delapan parpol," kata Ketua KPU Kabupaten Indramayu Ahmad Toni Fathoni di Indramayu, Sabtu. 

Toni mengatakan dari awal pembukaan pendaftaran bacaleg pada 1 Mei hingga 13 Mei 2023 baru ada delapan parpol yang mendaftarkan bacalegnya, dengan masing-masing mengajukan sebanyak 50 bacaleg, kecuali Partai Hanura dengan mengirimkan 45 bacalegnya. 

Menurutnya delapan parpol yang sudah mendaftarkan bacalegnya yaitu partai PKS, PPP, PDIP, Hanura, Nasdem, PAN, PKB, dan partai Perindo. 

"Semua mendaftarkan 50 bacaleg, kecuali partai Hanura buang hanya mendaftarkan 45 bacaleg," tuturnya. 

Ia mengatakan sedangkan sisanya yaitu 10 parpol akan mendaftarkan bacalegnya pada hari terakhir pendaftaran yaitu Minggu 14 Mei 2023.

Toni menambahkan, pihaknya sudah berupaya agar parpol bisa mendaftarkan bacalegnya sebelum penutupan, atau hari terakhir, akan tetapi mereka kemungkinan masih melakukan perlengkapan berkas yang dibutuhkan. 

Sehingga mendaftarkan bacalegnya pada hari terakhir pendaftaran, dan pihaknya memastikan akan membuka pendaftaran hingga batas akhir yaitu pada jam 23.59 WIB. 

"Semua parpol sudah berkomunikasi, dan informasinya akan mendaftarkan bacalegnya besok (Minggu 14/5), jadi sampai saat ini semua akan mendaftarkan bacalegnya," katanya.


 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023