Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menyalurkan bantuan air bersih dan logistik berupa sembako kepada korban banjir dampak luapan sungai di Kecamatan Purwadadi.

"Yang diperlukan dan yang diminta warga hanya itu," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat di Ciamis, Sabtu.

Ia menuturkan banjir akibat luapan Sungai Cilisung menyebabkan pemukiman warga dan areal pertanian terendam, Rabu (10/5), sedangkan kondisi hingga saat ini masih menyisakan material lumpur yang terbawa air.

Pihaknya langsung membantu masyarakat yang terdampak banjir tersebut, di antaranya menyalurkan bahan kebutuhan mendesak, seperti air bersih dan makanan bagi masyarakat yang mengungsi ke rumah saudara dan tetangga.

"Untuk yang sempat mengungsi ke tetangga dan kerabat terdekat kita drop sembako, selanjutnya karena sumur-sumur terendam air dan kotor kita drop air bersih dari PDAM," katanya.

Ia menyampaikan banjir di Kecamatan Purwadadi sering terjadi setiap tahun, saat musim hujan akibat luapan sungai.

BPBD Ciamis sudah berupaya melakukan mitigasi bencana, termasuk koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy untuk mengatasi masalah banjir Sungai Cilisung.

"Banjir luapan sungai terjadi setiap tahun, biasanya cepat surut," katanya.
Perkembangan saat ini, kata dia, sejumlah masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing dan melakukan aktivitas seperti biasa.

Namun, lanjut dia, ada juga masyarakat yang masih menangani lumpur sisa banjir yang menggenangi rumahnya.

"Sebagian bersih-bersih bekas air dan lumpur yang sempat masuk rumah," katanya.

Selain dari BPBD Ciamis, bantuan diberikan Tim SAR Batalyon D Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar, Dinas Kesehatan, dan STIKES Muhammadiyah dengan melaksanakan sosialisasi pelayanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana.

Tim SAR Yon D Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar juga menyerahkan bantuan berupa beras, mi instan, dan air mineral kepada warga yang terdampak banjir.

"Bantuan yang kami berikan diharapkan bisa memberikan manfaat dan meringankan beban para korban banjir," kata Pelaksana Harian Danyon D Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar Dedi Gunadi.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023