Warga antusias untuk melihat secara langsung kunjungan Presiden Joko Widodo di Pasar Natar, Lampung Selatan, Lampung, Jumat.

Rombongan Presiden Jokowi tiba di Pasar Natar sekitar pukul 08.30 WIB dan disambut antusiasme para pedagang dan warga yang telah menunggu sejak pagi. Warga berteriak memanggil "Pak Jokowi, Pak Jokowi" dan disambut senyuman Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat berdialog dengan pedagang terkait usaha dagang di pasar tersebut. Dia juga membagikan paket sembako, kaus, dan jaket untuk warga dan pedagang di Pasar Natar.

"Pak Presiden, kami memerlukan lahan parkir di pasar ini, karena tak ada lahan parkir yang luas untuk menampung kendaraan," kata salah seorang pedagang ayam.

Jokowi pun tampak mendengarkan keluhan pedagang dan sempat memanggil Bupati Lampung Selatan Nanang Hermanto untuk ikut mendengarkan keluhan itu. Jokowi juga memastikan ketersediaan bahan pokok dan harganya di daerah tersebut.

Selanjutnya, salah seorang pedagang makanan ringan mengaku senang dengan kehadiran Jokowi yang baru pertama kali mengunjungi Pasar Natar.

"Saya senang melihat Pak Jokowi, Bapak Presiden kita," kata Endang.

Dia berharap harga-harga bahan pokok dapat terjangkau mengingat saat ini cukup mahal.
Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan tersebut ialah Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Bupati Lampung Selatan Nanang Hermanto, serta sejumlah pejabat TNI dan Polri.


Perbaikan Jalan Menyeluruh

Sejumlah warga yang berada daerah Seputih Banyak, Lampung Tengah, Lampung, mengharapkan perbaikan infrastruktur jalan dilakukan secara menyeluruh setelah Presiden RI Joko.Widodo hadir di wilayahnya.

"Kerusakan jalan di daerah sini memang sudah lama terjadi, dan baru-baru ini viral di media sosial jadi baru ramai," ujar salah seorang warga Sudirja di Lampung Tengah, Jumat.

Ia mengharapkan dengan kehadiran Presiden Jokowi di daerahnya, infrastruktur jalan dapat diperbaiki secara keseluruhan.

"Harapannya tidak hanya titik jalan yang viral saja yang diperbaiki, namun bisa menyeluruh sebab banyak sekali jalan yang rusak tidak hanya satu dua titik dan ini mengganggu aktivitas masyarakat apalagi di sini daerah pertanian," katanya.

Dia menjelaskan selama ini untuk memperbaiki jalan yang rusak di berbagai titik masyarakat melakukan  secara swadaya.

"Perbaikan dilakukan secara swadaya mengumpulkan secara sukarela dari masyarakat, untuk membeli batu menimbun jalan," ucapnya.

Tanggapan serupa juga dikatakan oleh salah seorang warga lainnya di Lampung Tengah tepatnya di Seputih Banyak, Damar.
"Masyarakat selama ini memperbaiki jalan hanya sebatas di timbun batu saja, dengan dibantu oleh pabrik yang ada di sekitar sini," kata Damar.

Ia melanjutkan sudah beberapa kali periode kepala daerah namun belum ada perbaikan terutama dari Simpang Randu sampai Seputih Surabaya. Jalan masih dalam kondisi rusak yang cukup parah dengan lubang yang cukup dalam.

"Kalau diperkirakan jalan rusak dari arah Simpang Randu menuju Seluruh Surabaya mencapai 50 kilometer, dan memang kalau hujan banyak sekali kecelakaan terutama untuk kendaraan roda empat," tambahnya.

Pada hari ini Presiden Jokowi akan melakukan tinjauan langsung di sepanjang jalan Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, yang beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial, pada pukul 14.00 WIB.

Dari ruas Metro-Kota Gajah-Simpang Randu, tercatat panjang ruas Jalan Kota Gajah-Simpang Randu 29,45 kilometer. Sedangkan ruas Jalan Metro-Kota Gajah sepanjang 14,2 kilometer.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Warga Lampung antusias bertemu Jokowi

Pewarta: Agus Wira Sukarta

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023