Arus lalu lintas kendaraan di Jalur Garut-Bandung Lintas Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, lancar pascalibur Lebaran dan Hari Buruh, meski begitu sejumlah personel kepolisian masih siaga mengantisipasi pengamanan dan pengaturan lalu lintas, Senin.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lalu Lintas Polres Garut Iptu Suarna mengatakan volume kendaraan di wilayah Garut sudah mulai berkurang, sedangkan arus lalu lintas kendaraan dari kedua arah sudah lancar.

"Lancar kedua arah," kata Suarna.

Baca juga: Polisi: Arus kendaraan dari Garut menuju Bandung masih ramai

Ia menyampaikan arus kendaraan di jalur Garut menuju Bandung terjadi kepadatan pada Minggu (30/4) sampai Senin dini hari.

Selama kepadatan itu, kata dia, jajarannya memberlakukan sistem satu arah dengan menarik laju kendaraan dari arah Garut menuju Bandung sebanyak tiga kali, dan empat kali penarikan dari arah sebaliknya.

"Kepadatan terjadi malam hari, pukul 03.00 WIB baru landai," katanya.
Menurut dia, arus kendaraan dari Garut menuju Bandung diperkirakan sudah mengalir sehingga diprediksi pada libur Hari Buruh saat ini tidak akan terjadi kepadatan di jalur Garut.

Meski begitu, kata dia, jajarannya masih tetap siaga di jalur itu, terutama di titik rawan kemacetan untuk memberikan pelayanan untuk memastikan arus lalu lintas tetap lancar.

Baca juga: Menjelajahi berbagai objek wisata yang asyik di wilayah Garut

"Kemungkinan sudah habis kemarin (Minggu), dan kami masih siaga sampai pukul 24.00 WIB," katanya.

Sebelumnya, pada arus mudik maupun balik Lebaran 2023 arus kendaraan di jalur utama Garut-Bandung padat sehingga kepolisian berupaya mengurai dengan memberlakukan sistem satu arah secara bergantian.
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023