Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyediakan diskon tiket pesawat, promo untuk kamar hotel dan diskon untuk paket-paket desa wisata dalam rangka menyambut libur Hari Raya Idul Fitri.

“Menjelang Ramadhan dan mudik Lebaran 2023 Kemenparekraf akan berkolaborasi dengan beberapa mitra dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menyediakan diskon tiket pesawat, promo untuk kamar hotel dan diskon untuk paket-paket desa wisata sehingga nantinya desa wisata yang tersebar di berbagai jalur-jalur yang dilintasi pemudik di Pulau Jawa dapat dikunjungi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno kepada ANTARA, Selasa.

Oleh sebab itu, Sandiaga pun mengatakan bahwa industri pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan dapat memanfaatkan momen mudik ini secara maksimal dengan memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang akan berkunjung ke berbagai destinasi di Indonesia.

“Tahun ini akan ada 123,8 juta wisatawan yang diprediksi akan melakukan perjalanan libur lebaran 2023. Momen ini akan mampu menciptakan dua hingga tiga kali pergerakan dari total pergerakan tersebut. Sehingga kami menargetkan 25 persen atau di angka 300 sampai 350 juta pergerakan dari target 1,4 miliar mobilitas wisatawan nusantara tahun ini akan tercapai,” kata Sandiaga.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah wisatawan saat lebaran nanti, Sandiaga menjelaskan Kemenparekraf akan terus berkoordinasi dengan perangkat daerah dan stakeholder. Diharapkan semua pihak selalu memperhatikan aspek-aspek yang berkaitan dengan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment), terutama keselamatan dan keamanan.

Kemenparekraf juga akan mengeluarkan Surat Imbauan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023 kepada seluruh Dinas Pariwisata Provinsi di Indonesia untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daya tarik wisata agar menerapkan prokes yang baik.

Pemerintah Daerah tentunya diharapkan membentuk satuan tugas yang melibatkan lintas OPD untuk mengawasi kawasan objek wisata dan aktivitas pengunjung.



Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan sejumlah destinasi wisata yang berpotensi mengalami lonjakan pengunjung selama masa libur Lebaran 2023, di antaranya beberapa tempat wisata di Jawa Barat hingga Jawa Timur.

“Untuk destinasi pariwisata yang berpotensi lonjakan tinggi ini Jawa Barat di Puncak- Bogor, Cipanas-Cianjur, Tangkuban Perahu, Kawah Putih Ciwidei dan beberapa pantai di Jawa Barat,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar di Jakarta, Senin.

Sementara di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), lanjut dia, ada Dieng-Baturaden, Bandungan-Semarang, Candi Prambanan. Sementara di Jawa Timur terdapat tempat wisata favorit yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BTS) serta Jawa Timur Park dan taman kebun binatang.

Untuk itu, pihaknya mengimbau pengelola tempat wisata untuk memastikan agar pengunjung tidak membludak dan pelayanan ditingkatkan lebih baik juga cepat.

Guna melayani calon pemudik, serta menangkap kesempatan libur Lebaran 2023 untuk mencapai target pergerakan wisatawan nusantara, Sandiaga menuturkan, turut menggandeng travel agent daring dengan menyediakan promo paket wisata mudik lebaran, seperti mudik jelajah masjid di Indonesia yang telah diluncurkan minggu lalu.

Ia berharap, dengan kehadiran sejumlah masjid-masjid dan desa wisata di sejumlah titik yang dilalui pemudik, salah satunya jalur lintas selatan atau pansela ini diharapkan turut mengurai kemacetan, keramaian serta menjadi lokasi istirahat pemudik.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf sediakan banyak promo sambut Idul Fitri 2023

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023