Pemerintah Kabupaten Garut kembali meraih juara sebagai Kabupaten Terbaik Pertama Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena telah memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat dalam setiap program di daerahnya.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Bupati Garut Rudy Gunawan dalam acara puncak Musyawarah Perencanaan Pembangunan untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 di Kota Bandung, Selasa.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, penghargaan tersebut merupakan ketujuh kalinya diraih oleh Kabupaten Garut dalam penilaian PPD tingkat Provinsi Jawa Barat, setelah tahun 2022 tidak mendapatkan juara pertama, sekarang Garut kembali meraih juara.

"Penghargaan ini ketujuh kalinya, lepas satu kali, dan sekarang kita juara lagi," katanya.

Ia mengatakan Kabupaten Garut juga diusulkan mewakili Provinsi Jawa Barat untuk mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat yang saat ini sedang masuk penilaian tahap ketiga.

"Sekarang kita mewakili Provinsi Jawa Barat menerima penghargaan dari nasional, dan sekarang kita sudah masuk ke tahap ketiga, insya Allah kita masuk yang terbaik di nasional," kata Rudy.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Garut dan satuan kerja perangkat daerah lainnya yang sudah bekerja keras dan bersama-sama untuk Garut memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

"Saya sampaikan terima kasih, ini luar biasa," kata Bupati.

Kepala Bappeda Kabupaten Garut Didit Fajar Putradi menambahkan, penghargaan ini merupakan bentuk motivasi untuk Pemerintah Kabupaten Garut dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Ia mengatakan pemerintah daerah juga tentu masih ada kekurangannya, namun kondisi tersebut menjadi motivasi untuk memperbaikinya, dan akan terus diperbaiki pada rencana program tahun 2024.

"Kekurangannya di sebelah sini tentu masih ada, tentu akan kita terus perbaiki sampai dengan rencana pembangunan untuk tahun 2024, yang sekarang sedang disusun rencana kerja pembangunan daerah untuk tahun 2024, dan tentunya tahun 2023 ini kita juga melaksanakannya, insya Allah dengan berusaha untuk sebaik-baiknya," kata Didit.

Ia menyampaikan Kabupaten Garut nanti akan mewakili Provinsi Jawa Barat dalam kategori kabupaten di tingkat nasional, yang saat ini sudah melewati tahap penilaian kesatu dan kedua, selanjutnya masuk ke tahap penilaian ketiga.

"Tahap satu itu kita semuanya dicek seluruh dokumentasi penyelenggaraan pembangunan mulai dari rencana-rencana pembangunannya, kemudian hasil-hasilnya, kemudian kemarin diverifikasi, kemudian sampai pada tahap tiga ini nanti akan cek lapangan begitu, ya ke lokasi di Kabupaten Garut, pengamatan untuk para penilai di tingkat nasional," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023