Perusahaan konsultan pendidikan dari Turki, Edutolia Education, pada Sabtu menyelenggarakan kegiatan pameran dan promosi pendidikan universitas Turki di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

"Kami mendatangkan 18 universitas Turki langsung, dari rektor dan direktur international office (kantor internasional) ke Indonesia," kata Direktur Pengembangan Bisnis Edutolia Putri Anatasia di sela acara.

Baca juga: Pembangunan RS Pendidikan Unpad ditargetkan selesai akhir 2023

Edutolia Turkish Universities Fair 2023 diharapkan bisa menjembatani warga Indonesia yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Turki.

"Hal terpenting untuk siswa dan orang tua siswa agar dapat yakin saat anaknya akan kuliah di Turki, bisa mendapatkan informasi yang akurat," kata Putri.

Pendiri Edutolia Education Ibrahim Albayrak mengatakan bahwa penyelenggaraan pameran pendidikan ditujukan untuk memperkenalkan perguruan-perguruan tinggi di Turki kepada para pelajar di Bandung.

Ibrahim mengatakan bahwa Edutolia memilih Bandung sebagai lokasi kedua pameran pendidikan universitas Turki tahun 2023 setelah Jakarta karena beberapa hal, salah satunya karena Bandung termasuk kota potensial untuk menjaring calon mahasiswa.

Selain itu, ia mengatakan, "Bagi masyarakat Indonesia, Turki merupakan salah satu destinasi wisata luar negeri yang kerap dikunjungi karena lokasinya yang terletak di antara perbatasan Asia dan Eropa." 

Budaya Turki yang banyak dipengaruhi oleh Islam, agama mayoritas penduduk Indonesia, menurut dia, juga membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk mengunjungi Turki.
Ia mengemukakan bahwa Turki juga sistem pendidikan yang baik. Turki mengadopsi sistem pendidikan perguruan tinggi yang dijalankan oleh 49 negara di kawasan Eropa dalam melakukan reformasi pendidikan dengan sistem akumulasi dan transfer kredit guna meningkatkan kualitas pendidikan dan kemampuan kerja para mahasiswa.

Ijazah yang dikeluarkan oleh universitas-universitas di Turki pun diakui secara internasional.

Baca juga: Menkes: Pendidikan dokter mahal berkaitan dengan harga obat berlipat

Turki memiliki lebih dari 200 perguruan tinggi dan 3.000 program Internasional, baik program regular, program jangka pendek atau kursus singkat, sampai program sekolah musim panas.

Biaya pendidikan dan biaya hidup di Turki dinilai lebih terjangkau daripada biaya kuliah dan biaya hidup di negara Eropa lain maupun Amerika Serikat.

Ibrahim mengatakan bahwa Edutolia Education sudah memiliki perjanjian kerja sama dengan berbagai universitas di Turki dan melihat Indonesia sebagai pasar baru yang sangat potensial bagi perguruan tinggi di Turki.

"Oleh karena itu, dimulai dari tahun lalu kami secara rutin akan menyelenggarakan pameran pendidikan universitas Turki di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta dan Bandung pada tahun ini," kata dia.

Pameran pendidikan universitas Turki yang digelar Edutolia di Bandung kali ini diikuti oleh 18 universitas ternama di Turki, khususnya universitas di Istanbul dan Ankara. Edutolia juga menyelenggarakan ujian bagi siswa yang membutuhkan beasiswa khusus.
 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023