Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menyiapkan program pasar pangan murah bagi masyarakat umum dalam rangka mengendalikan harga dan ketersediaan pangan di pasaran saat Ramadhan maupun nanti setelah Hari Raya Idul Fitri.

"Operasi pasar murah dilakukan untuk kendalikan harga kebutuhan pokok yang biasanya merangkak naik jelang hari besar keagamaan," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Perdagangan, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUMKM Indag) Kota Tasikmalaya, Hendro Haryoko  di Tasikmalaya, Selasa.

Baca juga: 2 ton beras disiapkan untuk operasi pasar murah di Tasikmalaya

Rencananya, kata dia, kegiatan pasar pangan murah digelar sebelum Ramadhan dan nanti setelah Hari Raya Idul Fitri.

"Kami juga berencana melakukan gelar pangan murah mulai 11 Maret sampai setelah Lebaran di beberapa titik," katanya.

Jika di pasaran terjadi kenaikan harga, kata dia, maka pemerintah daerah secepatnya melakukan langkah mengendalikan harga dengan menggelar pasar murah bagi masyarakat.

Ia menuturkan Pemkot Tasikmalaya selama ini terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan pangan pokok menjelang Ramadhan di pasar.
Hasil pemantauan, kata dia, ketersediaan bahan pokok masih cukup di pasaran, sedangkan terkait harga sebagian besar masih relatif stabil, meski ada beberapa barang sudah merangkak naik.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Heru Susanto senada mengatakan ketersediaan kebutuhan pokok di pasaran masih aman hingga menjelang Ramadhan.

Baca juga: Alasan BI Tasikmalaya ingatkan masyarakat belanja pangan sesuai kebutuhan

"Kelangkaan pasokan sepertinya bakal tidak akan terjadi, tetapi karena permintaan jelang Ramadhan meningkat bisa berdampak pada harga," katanya.

Upaya mengantisipasi kenaikan harga pangan pokok, kata dia, salah satunya menggelar pangan murah di 10 kecamatan yang dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tasikmalaya.

"Ini sudah dijadwalkan oleh Bidang Ekonomi," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Tasikmalaya siapkan pasar murah jaga stok dan harga pangan

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023