Warung Kopi Purnama merupakan warung kopi legendaris dan tertua yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat.
 
Warung kopi yang ada di Jalan Alkateri No. 22, Kota Bandung ini sudah ada sejak tahun 1930 dan buka pada pukul 06.30 hingga 21.00 WIB. 
 
Pada awal didirikan, nama warung kopi ini adalah Tjhiang Shong Shi yang berarti silahkan mencicipi. 
 
Namun, seiring dengan kebijakan pemerintah yang mengharuskan menggunakan Bahasa Indonesia, maka bergantilah menjadi Warung Kopi Purnama.
 
Mempertahan konsep bergaya tempo dulu merupakan ciri khas dari warung kopi ini. 
 
Suasana vintage yang masih kental menjadikan warung kopi ini selalu ramai oleh para pengunjung yang ingin merasa secangkir kopi.

Bangunan kedai kopi ini juga menjadi salah satu icon heritage di Kota Bandung.
 
Saat ini, Warung Kopi Purnama dikelola oleh generasi ke-empat.

Di bagian depan, suasana tempo dulu masih terasa, mulai dari lantai, kursi, meja, dan beberapa pajangan foto serta ornamen-ornamen klasik yang membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.
 
Selain tempatnya yang bernuansa vintage, warung kopi ini juga menyajikan beberapa menu yang mempertahankan cita rasa otentik andalan mereka, seperti roti selai srikaya yang dibuat secara homemade.
 
“Menu yang paling banyak dipesan itu roti srikaya sama roti mentega palm suiker”, kata Andi, salah seorang karyawan Warung Kopi Purnama. 
 
Adi juga menjelaskan, warung kopi ini selalu ramai dari pagi dan mayoritas yang mengunjungi warung kopi ini dari kalangan remaja hingga dewasa yang sekedar untuk nongkrong dan bertemu dengan teman atau keluarga.
 
“Di sini asik soalnya, suasanya juga kaya jaman dulu banget. Makanannya juga enak-enak, apalagi roti srikayanya, lembut. Harganya juga affordable, cocok kalau buat sekedar nongkrong gitu," Amin, pengunjung Warung Kopi Purnama.
 

Pewarta: Shafira Az

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023