Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengharapkan program "Sekoper Cinta" yang baru diluncurkan di 80 desa yang berada di Kabupaten Cirebon, dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul, mengingat program tersebut menyasar kepada ibu-ibu rumah tangga.

"Masa depan Indonesia tergantung kualitas keluarga. Anak-anak pintar kalau ibunya pintar. Anak-anak itu cerdas karena turunan dari ibunya," kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil saat meluncurkan program "Sekoper Cinta" di Cirebon, Rabu.

Menurut dia program pembelajaran Sekoper Cinta untuk 80 desa di 40 kecamatan yang berada di Kabupaten Cirebon, upaya Pemprov Jabar untuk mencetak SDM unggul, karena masa depan Indonesia akan gemilang tergantung dari lingkungan keluarganya.

Kang Emil berharap besar kepada seluruh ibu-ibu yang akan mengikuti pembelajaran Sekoper Cinta, untuk lebih fokus dan semangat, serta mengikuti dengan lebih giat, karena pendidikan tidak selalu formal bisa dilakukan juga secara nonformal.

"Ibu-ibu harus semangat makin cerdas makin pintar agar menurunkan kecerdasannya kepada anak-anaknya. Itulah alasan dilahirkannya Sekoper Cinta," tuturnya.

Ia menjelaskan untuk alumni Sekoper Cinta dari awal program tersebut diluncurkan berjumlah sebanyak 67 ribu orang, dan diharapkan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Kang Emil berharap program "Sekoper Cinta" di Kabupaten Cirebon, dapat menyasar semua desa yang ada di daerah itu. Karena dengan adanya inisiasi dari Kabupaten Cirebon, maka Jabar akan menambah SDM yang berkualitas.
"Pak Bupati saya apresiasi. Mudah-mudahan tahun depan bisa di seluruh desa di Kabupaten Cirebon. Saya titip, harus rajin belajar melalui program Sekoper Cinta. Saya titip juga semua bisa bergabung dan bisa lulus wisuda," katanya.

Sementara itu, Bupati Cirebon Imron menyebut baik program "Sekoper Cinta" yang dihadirkan bertujuan untuk melahirkan SDM yang lebih mumpuni dalam merespons kemajuan zaman, karena pendidikan nonformal seperti ini perlu, guna meningkatkan ketahanan keluarga dan tentunya bisa menyejahterakan warga.

"Pendidikan nonformal untuk meningkatkan pengetahuan dan ketahanan keluarga di masyarakat Cirebon," katanya.



 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur harap "Sekoper Cinta" di 80 desa Cirebon lahirkan SDM unggul

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023