Polres Cianjur tetap menerapkan sistem satu arah menjelang Minggu petang, meski Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, ramai lancar, sebagai upaya antisipasi macet total seiring waktu kunjungan tempat wisata yang habis.

Kaur Bin Ops Satlantas Polres Cianjur, Ipda Muchtaromi saat dihubungi Minggu, mengatakan memasuki libur Imlek 2023 situasi arus lalulintas di Jalan Raya Puncak masih lancar dan terkendali, meski di sejumlah titik menuju tempat wisata terlihat antrean dengan laju kendaraan tersendat. 

"Antrean tersebut tidak menyebabkan kemacetan karena banyaknya kendaraan yang keluar masuk tempat wisata, sehingga laju kendaraan tersendat, peningkatan sudah terjadi sejak Sabtu malam," katanya.
   
Sejumlah rekayasa lalu lintas termasuk ganjil genap tetap diberlakukan agar tidak menyebabkan antrean panjang kendaraan di jalur utama Puncak-Cianjur. Bahkan penerapan sistem satu arah akan diberlakukan Minggu petang menunggu koordinasi dari Polres Bogor.

Pihaknya memperkirakan volume kendaraan akan meningkat seiring tutupnya tempat wisata, sehingga penerapan sistem satu arah menuju Bogor akan diberlakukan, sebagai upaya antisipasi terjadinya macet total di sepanjang jalur tersebut.

"Kami masih menunggu koordinasi dari Polres Bogor untuk memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor mulai dari Jalur Puncak-Cipanas. Lama atau tidak tergantung kondisi jalur di wilayah hukum Bogor," katanya.

Pihaknya meminta pengguna jalan yang melintasi disepanjang jalur Puncak-Cianjur, untuk selalu mematuhi rambu lalulintas dan arahan petugas di lapangan. Termasuk imbauan untuk waspada bencana saat melintas di jalur rawan bencana seperti kawasan Puncak dan Babakan Cisarua-Cipanas.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023