Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengupayakan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) dapat beroperasi secara keseluruhan pada akhir Februari tahun ini.

"Mudah-mudahan Cisumdawu ini secara total bisa kita operasikan pada akhir Februari tahun ini," ujar Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa.

Basuki akan mengupayakan pada akhir Februari Jalan Tol Cisumdawu bisa dioperasikan secara tuntas.

Kementerian PUPR mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) di Provinsi Jawa Barat.

Penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 km sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta pengembangan ekonomi kawasan Pantura Jawa Barat, mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka hingga Kuningan (Ciayu Majakuning) Jawa Barat.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun. Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km telah beroperasi sejak Januari 2022 dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km progres fisik sudah 94,7 persen tinggal menyelesaikan pekerjaan lereng dan lanskap.

Secara keseluruhan Seksi 3-6 yang dikerjakan oleh BUJT sepanjang 33,21 km. Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen. Kemudian pembangunan Seksi 4 Cimalaka - Legok sepanjang 8,20 km konstruksinya untuk Seksi 4A sebesar 87,93 persen dan Seksi 4B sebesar 58 persen.
Seksi 5 Legok - Ujungjaya sepanjang 14,9 km progres konstruksinya untuk 5A sebesar 60,9 persen dan 5B sebesar 63 persen. Sedangkan seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan progres untuk 6A sebesar 98,2 persen dan untuk 6B sudah 100 persen progres fisiknya.

Salah satu tantangan dalam pembangunan Tol Cisumdawu Seksi 2 hingga 5 adalah penanganan lereng dengan kerawanan longsor tinggi. Saat ini sudah dilakukan beberapa penanganan antara lain dengan dilakukan penggalian tanah atau regrading, penguatan lereng, sumuran dengan sistem pompa, serta penambahan lahan agar lereng menjadi lebih landai.

Sebelumnya, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady menuturkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu diharapkan menjadi akses untuk meningkatkan fungsi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. 
 
"Jika Tol Cisumdawu diopersionalkan secara penuh, BIJB Kertajati diharapkan berfungsi secara lebih maksimal. Kalau jalan tol operasional semuanya, bandara running well semua, saya kira ekonomi Jawa Barat tentu akan menggeliat jauh lebih besar," kata Daddy Rohanady, di Bandung, Kamis.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Jabar jajal jalan Tol Cisumdawu seksi 1
 
Daddy menakankan,  Jalan Tol Cisumdawu mempunyai peranan yang sangat strategis sehingga penyelesaian seluruh seksi ruas Tol Cisumdawu yang panjangnya mencapai 61,72 kilometer tersebut sangat diharapkan dapat tuntas dalam waktu dekat. 
 
Jalan Tol Cisumdawu, akan segera difungsikan pada akhir Desember 2022.
 
Adapun dua seksi tambahan yang dibuka yakni seksi dua dan seksi tiga, untuk mendukung kelancaran jalur transportasi saat libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Baca juga: Pembebasan lahan jadi kendala pembangunan Tol Cisumdawu, kata legislator

Fase dua dan tiga barusan dijelaskan (BPJT), itu jelang natal dan tahun baru akan difungsikan”, ujar dia.
 
Dia menuturkan beberapa waktu lalu, Komisi IV DPRD Jabar ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di Jakarta.
 
Daddy menambahkan, total akan ada tiga seksi tol Cisumdawu yang dioperasikan yakni seksi satu yang menghubungkan Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 KM. 
 
Sementara itu lanjut Daddy, terdapat seksi dua menghubungkan Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 KM, sedangkan seksi tiga menghubungkan Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 KM. 

Baca juga: DPRD Jawa Barat minta pembangunan Tol Cisumdawu ke BIJB dipercepat


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri PUPR target Tol Cisumdawu beroperasi seluruhnya Februari 2023

Pewarta: Aji Cakti

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023