Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengajak pengusaha lokal terus berinovasi membangun usaha dan memutarkan uang mereka untuk menguatkan perekonomian daerah, sehingga bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Kita masih juga memerlukan investasi-investasi yang lain, tapi ini (pengusaha lokal) justru yang menguatkan kita, yang bisa membuat kita bisa bertahan bagus itu adalah investor lokal seperti itu, uangnya enggak ada yang keluar, semua berputar di Garut," kata Helmi Budiman usai acara menyerahkan penghargaan bagi pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Berprestasi di Garut, Senin.

Ia menuturkan Pemkab Garut berupaya mendorong agar pelaku usaha di Garut terus tumbuh karena keberadaan mereka penting dan berkontribusi bagi kelancaran ekonomi masyarakat.

"Jadi UMKM ini bagi kami Kabupaten Garut adalah yang sangat penting dalam memberikan kontribusi bagi kelancaran ekonomi masyarakat Garut," katanya.

Keberadaan UMKM di Garut, kata dia, selain mendongkrak perekonomian daerah, juga bisa menyerap tenaga kerja, mereka yang bekerja tentu mendapatkan penghasilan atau gaji sehingga hidupnya bisa lebih sejahtera.

Ia berharap pelaku UMKM di Garut bisa semakin banyak, minimal 1 persen saja dari jumlah penduduk di Garut. Artinya sudah 27 ribu warga Garut memiliki usaha yang bisa menghidupi diri mereka dan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Saya berharap nanti akan muncul (UMKM baru) terus, kalau misalkan Garut sudah 1 persen pengusaha itu juga luar biasa, satu persen itu berarti 27 ribu ya, ini kita ingin ada banyak pengusaha Kabupaten Garut yang muncul," katanya.
Ia menambahkan pelaku UMKM di Garut saat ini sudah bagus dan selalu optimis usahanya berkembang, salah satunya ada pelaku usaha yang saat ini keuntungannya mencapai Rp700 juta dalam satu bulan.

Pemerintah daerah, kata dia, siap berupaya untuk mendukung pengembangan UMKM dalam rangka mendukung Garut sebagai kota wisata yang menyiapkan berbagai sektor usaha.

"Kita arahkan untuk menyongsong Kabupaten Garut yang sebagai kota wisata, dan bisa menyiapkan segala kebutuhan yang ada di Kabupaten Garut, baik melalui pertanian ataupun sektor yang lain," katanya.
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023