Polisi melakukan penyelidikan untuk mencari tahu penyebab kebakaran Pasar Besi Cikurubuk, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu, yang menghanguskan ratusan kios dan kerugian materi, sehingga pedagang tidak bisa lagi berjualan di tempat itu.

Kepala Polsek Mangkubumi Iptu Hartono mengatakan, jajarannya bersama Tim Inafis dan Satuan Reskrim Polres Tasikmalaya Kota telah diterjunkan untuk melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara.

"Terkait penyebab kebakaran sampai saat ini masih dalam penyelidikan dari Tim Inafis dan Satreskrim, dan untuk sementara api sudah berhasil dipadamkan," kata Hartono.

Ia menuturkan kepolisian mendapatkan informasi adanya kejadian kebakaran di Pasar Besi dan juga Pasar Burung di Kota Tasikmalaya, Rabu sekitar pukul 7.30 WIB.

Kebakaran itu, kata dia, tidak menimbulkan korban jiwa, hanya menyebabkan ratusan kios berikut barang dagangannya terbakar.

"Kebakaran menghanguskan 151 kios, terdiri dari kios Pasar Besi yang 135 kios, dan kios Pasar Burung yang terbakar sebanyak 16 kios," katanya.

Ia menyampaikan lokasi kebakaran sudah dipasang garis polisi untuk memudahkan proses penyelidikan lebih lanjut oleh jajaran kepolisian.
Dugaan sementara penyebab kebakaran, kata dia, dari korsleting listrik, ditambah lagi kondisi bangunan yang semi permanen membuat api mudah menjalar dan menghanguskan bangunan.

"Didapati dari setiap blok hanya ada 1 KWH, sedangkan tiap blok terdiri dari  puluhan kios, sehingga dari tiap kios ke yang lainnya dilakukan sambungan pararel melalui kabel, sangat rentan dan sangat berisiko untuk terjadinya korsleting listrik," katanya.

Kepala Satuan Samapta Polres Tasikmalaya Kota AKP Sunarto menambahkan, sejumlah personel sudah diterjunkan untuk membantu pengamanan di lokasi kebakaran.

"Puluhan personel termasuk Tim SAR Sat Samapta turut serta mengamankan lokasi kebakaran di Pasar Besi dan Pasar Burung," katanya.

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyampaikan, pemerintah daerah melalui petugas pemadam kebakaran sudah berupaya membantu menangani peristiwa kebakaran tersebut sampai dipastikan padam.

Selanjutnya, kata dia, sudah menerjunkan Satpol PP dibantu dengan petugas dari instansi lainnya untuk melakukan penjagaan di sekitar lokasi kebakaran pasar, dan juga membuat tenda darurat untuk penyimpanan barang.

"Akan ada tenda darurat dan tak ada yang tinggal di kios, akan disiapkan tenda untuk barang," katanya.



 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023