Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memprediksi ada sekitar 1,3 juta orang yang mengunjungi Ibu Kota Jawa Barat itu di saat momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala Dishub Kota Bandung Dadang Darmawan menyebut Kota Bandung merupakan daerah kedua setelah Yogyakarta yang biasa ramai dikunjungi orang untuk berwisata di akhir tahun. Untuk itu, ia mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan pihak kepolisian.
 
"Diperkirakan ada 1,3 juta orang yang akan datang. Jika ditambahkan dengan warga tentunya sangat padat," kata Dadang di Bandung, Jawa Barat, Senin.
 
Menurut dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun telah menyiapkan tiga pos pengawasan khusus untuk momen libur akhir tahun itu, yakni di ATCS Balai Kota, Terminal Leuwipanjang, dan Terminal Cicaheum.
 
Di samping itu, menurut dia, 250 personel Dishub Kota Bandung telah disiagakan untuk mengatur lalu lintas yang berpotensi dipadati masyarakat yang berkunjung ke Kota Bandung.
 
"Penempatan petugas siap 24 Jam mulai dari 22 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023," kata dia.
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna meminta masyarakat Bandung atau dari luar Bandung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19, meski kini situasinya sudah melandai.
 
Selain itu, menurutnya momen libur akhir tahun itu harus dipastikan situasinya akan berjalan aman dan kondusif tanpa gangguan ketertiban apapun.
 
"Tempatkan petugas di kawasan keramaian dan tempat ibadah. Kita harus bisa mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan," kata Ema.
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022