Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, Jawa Barat, berhasil mengusulkan kuota tambahan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi bagi nelayan setelah sempat mengalami pengurangan dari pihak terkait.

"Alhamdulillah, setelah kami berkoordinasi dengan baik dan intens dengan Pertamina, pemenuhan solar bersubsidi bagi nelayan kecil sudah dapat terpenuhi," kata Bupati Indramayu Nina Agustina di Indramayu, Minggu.

Nina Agustina mengatakan bahwa dari laporan Dinas Perikanan dan Kelautan, kuota BBM jenis solar subsidi bagi nelayan yang memiliki perahu kurang dari 30 gross tonnage (GT), sempat mengalami pengurangan.

Seperti yang terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) Eretan Kulon, biasanya memperoleh sebesar 432 kiloliter, terjadi pengurangan sebesar 136 kiloliter.


Hal sama, lanjutnya, terjadi pada SPBN Dadap, di mana alokasi awal 264 kiloliter, terdapat pengurangan 102 kiloliter.

"Namun setelah kami berdiskusi, akhirnya Pertamina kembalikan ketersediaan solar subsidi SPBN Eretan Kulon untuk Desember 2022 sebanyak 424 kiloliter. Begitu juga di SPDB Dadap, di mana Pertamina mengembalikan dengan jumlah semula," tutur Nina.

Ia menambahkan upaya koordinasi antara Pemkab Indramayu dengan Pertamina selaku institusi penyedia BBM solar subsidi membuahkan hasil sehingga nelayan di Pantura Indramayu ini dipastikan dapat kembali melaut.

Nina memastikan nelayan yang memiliki kapal di bawah 30 GT tidak boleh berhenti melaut dengan alasan tidak adanya solar bersubsidi. Karena nelayan inilah yang menjadi tulang punggung ekonomi keluarga dan harus segera dicarikan solusi yang terbaik agar mereka dapat pergi melaut.

Nina mengajak kepada seluruh nelayan kecil yang mengalami kesulitan mendapatkan solar bersubsidi agar mendatangi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) terdekat untuk mendapatkan solar dengan harga subsidi dari pemerintah.


"Untuk nelayan yang ingin mendapatkan solar subsidi, datangi SPBN terdekat, agar mendapatkan jatah," kata Nina.

Sementara itu, seorang nelayan dari Desa Eretan Kulon, Kabupaten Indramayu Tohari menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Indramayu yang mampu menambahkan kembali solar bersubsidi bagi para nelayan kecil.

"Karena hanya dengan solar subsidi kami bisa melaut lagi, kalau solar non subsidi harganya mahal," kata Tohari.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022