Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyebutkan realisasi kegiatan operasi pasar murah telah menjangkau 155.130 rumah tangga miskin sasaran.

"OPM (operasi pasar murah) dilaksanakan di 27 kabupaten/kota dengan sasaran 155.130 rumah tangga miskin atau RTM yang diberikan subsidi sebesar 51 persen dari harga normal," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Iendra Sofyan, ketika dihubungi di Bandung, Jabar, Selasa.

Baca juga: Jawa Barat targetkan pembangunan satu Pusat Distribusi Provinsi pada 2023

Dia mengatakan dengan adanya OPM diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dengan subsidi pembelian bahan pokok yang terjangkau menjelang hari besar keagamaan nasional (HBKN) bagi rumah tangga sasaran.

"Kegiatan OPM ini juga diharapkan mampu meringankan beban RTM atau masyarakat miskin dengan pemberian subsidi harga bahan kebutuhan pokok," kata dia.

Ia mencontohkan komoditas OPM ialah beras, minyak goreng, tepung terigu, dan gula pasir.
Iendra menuturkan pihaknya mengalokasikan anggaran Rp 15 miliar untuk operasi pasar murah sebagai langkah untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok saat Ramadhan dan Idul Fitri 2022.

"Dananya kita akan pakai untuk mensubsidi harga kebutuhan pokok. Bisa beras, gula bahkan daging dan juga minyak goreng. Tapi, jenisnya apa (kebutuhan pokok masyarakat) yang akan kita subsidi, masih kita koordinasikan," kata dia.

Khusus untuk minyak goreng, pada awal Januari 2022 Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat menggelar operasi pasar murah minyak goreng di 11 kabupaten/kota.

Ke-11 kabupaten/kota yang menggelar operasi pasar murah minyak goreng tersebut yakni Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Disperindag Jawa Barat minta pelaku usaha bantu korban gempa Cianjur

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022