Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan mobilisasi penyaluran bantuan ke lokasi terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

"Mobilisasi penyaluran bantuan, peralatan, suplai logistik tidak boleh terhambat guna mendukung upaya percepatan penanganan pascagempa," kata Muhadjir Effendy usai Rakor Tingkat Menteri mengenai Penanganan Darurat Pascagempa Cianjur yang diakses secara daring di Jakarta, Kamis.

Terkait hal tersebut, Menko PMK kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak menjadikan lokasi terdampak gempa sebagai tempat untuk berwisata.

"Jangan menjadikan lokasi bencana menjadi tempat wisata, karena memicu kemacetan dan mengganggu upaya penanganan serta menghambat mobilisasi peralatan, bantuan dan suplai logistik," katanya.

Menko PMK juga meminta TNI dan Polri untuk melakukan penertiban jika terdapat warga yang menjadikan lokasi terdampak gempa sebagai tempat untuk berwisata.


"Nantinya siapa saja yang ingin memberikan bantuan bagi korban cukup menyerahkan kepada petugas di pos masing-masing, dan nantinya akan diatur sedemikian rupa penyaluran bantuannya agar bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

Menko PMK juga mengatakan, jika nantinya ada pihak yang ingin membantu pembangunan rumah bagi korban terdampak gempa, maka harus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan pemerintah daerah.

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022