Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Utara (Jakut) menggalang bantuan berupa tenda serbaguna, velbed, dan perlengkapan dapur umum untuk disalurkan bagi korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat .

"Saat ini kami masih menggalang bantuannya untuk masyarakat di sana," kata Ketua PMI Jakarta Utara Rijal dalam keterangannya di Jakarta Utara, Selasa.

Rijal mengatakan sebelumnya sudah menerjunkan tim relawan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat untuk membantu penanganan bencana yang berangkat menggunakan mobil ambulans gawat darurat (AGD), bersama operasional dan logistik pada Senin (21/11) malam.

"Setelah mendengar musibah tersebut kami langsung melakukan persiapan untuk membantu. Untuk menggelar tanggap bencana ada sebanyak 12 relawan lengkap dengan peralatan individu kami kirim ke lokasi," kata Rijal.

Rizal menambahkan, selain melakukan tanggap bencana, relawan yang diberangkatkan juga siap membantu warga sesuai kebutuhan lapangan.

Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Utara Iyan Sopian Hadi mengapresiasi kecepatan PMI Jakarta Utara untuk merespons kejadian bencana alam di Cianjur sebagai wujud solidaritas kemanusiaan dalam membantu dan meringankan beban masyarakat.

"Relawan dan bantuan yang dikirim dari Jakarta Utara ini sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan kepada saudara sebangsa setanah air di Kabupaten Cianjur. Kami sangat mengapresiasi," kata Iyan.
Sementara itu Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan menyalurkan bantuan bagi ratusan korban terdampak gempa bumi Cianjur, Jawa Barat berupa bahan pangan, kendaraan mobil, dan tim relawan.

"Senin malam kami langsung mengerahkan 18 personel relawan, satu unit mobil ambulans, serta satu unit mobil logistik dari marka PMI Jakarta Selatan berangkat ke Cianjur," kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan Abdul Haris saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Haris mengatakan tim relawan nantinya akan bergabung bersama PMI Kota Cianjur untuk saling berkoordinasi dan membantu di lapangan.

Tim relawan PMI Jakarta Selatan untuk sementara ditugaskan selama enam hari ke depan dan akan diperpanjang menyesuaikan kebutuhan di lapangan.

"Diberangkatkan juga PMI Jakarta Utara untuk bergabung dan nantinya PMI DKI Jakarta akan mengerahkan relawan wilayah lain secara bergantian," tuturnya.

Tak hanya mengerahkan relawan dan unit kendaraan bermobil, PMI Jakarta Selatan juga memberikan bantuan kebutuhan sehari-hari berupa sandang dan pangan.

"Bantuan yang PMI Jaksel berikan berupa 120 selimut, tiga dus masker, dua terpal, lima kilogram beras, empat sekop, 10 pacul, 12 sepatu bot, dan 31 sarden," jelasnya.

Lebih lanjut, bantuan lainnya seperti dua senter besar, tiga senter kecil, 10 topi, 12 jas hujan, dua felbet, satu tandu, 20 kardus mie instan, lima dus minyak goreng, dan 20 kardus air mineral gelas.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PMI Jakarta Utara galang bantuan untuk korban gempa Cianjur

Pewarta: Abdu Faisal

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022