Pada peringatan Dies Natalis UPI yang ke-68, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. H. M. Solehuddin, M.Pd., M.A secara resmi meluncurkan Smart Management System (SMS), yang dibawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Inovasi, Kebudayaan dan Sistem Informasi serta Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi. 

Prof. H. M. Solehuddin, M.Pd., M.A selaku Rektor Universitas Pendidikan Indonesia menjelaskan bahwa krisis pandemi adalah momentum bagi kita untuk melakukan perubahan besar dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di UPI. Dulu kita merasa terpaksa dengan BDR (belajar dari rumah), namun di balik itu adalah blessing in disguise; mahasiswa mulai terbiasa untuk belajar online dengan penekanan pada kemandirian belajar dari sumber yang makin bervariasi. Digital learning culture mulai tumbuh di kalangan mahasiswa; mereka tidak hanya terbatas untuk belajar di kampus, tetapi belajar di mana saja baik sendiri maupun bersama-sama.

Bahan tercetak bukan lagi satu-satunya sumber belajar bagi mahasiwa, kini muncul berbagai jenis sumber belajar yang makin bervariasi dan menarik seperti: kindle (digital book), digital presentation, living-video, video-grafis, serta sumber-sumber internet lain baik yang bersifat close sources maupun open sources. Kondisi ini telah semakin memudarkan asumsi lama bahwa menanamkan karakter sulit dilakukan melalui pembelajaran online, justru belajar bersama teknologi inilah para mahasiswa “dipaksa” menerapkan beragam karakter, seperti: disiplin, kerja keras, kemandirian, tepat waktu, rasa ingin tahu yang tinggi, jujur, berkolaborasi, dan sejenisnya. 

UPI sebagai digital-hybrid university tetap berproses dan kini mulai tampak wujudnya. Dengan kebijakan work-from-home, dosen mulai terbiasa dan nyaman mengajar dari rumah melalui pembelajaran online. Lebih dari sekadar menghemat biaya dan waktu perjalanan, mengajar online telah membentuk digital learning culture di antara para dosen dengan learning platform yang sesuai. Para dosen mulai terbiasa dan terlatih untuk merancang pembelajaran online dengan menyajikan proses yang bervariasi dan menarik, baik secara sinkronus dan asinkronus. Hybrid learning mulai berkembang, dan salah satu yang menarik adalah penerapan flipped classroom, yaitu pembelajaran teori yang dilakukan secara online yang dikombinasikan dengan pembelajatan aplikatif secara tatap muka di kelas. 

Perubahan digital culture ini bukan hanya terjadi dalam pembelajaran dan dalam riset untuk melahirkan inovasi, tetapi juga dalam sistem pengelolaan akademik, administrasi penunjang akademik, dan sistem pengelolaan kelembagaan UPI. Pusat-pusat Sistem Teknologi Informasi kini mulai berkembang dengan dukungan sejumlah tenaga ahli dan profesional bidang teknologi digital, serta tenaga profesional system designer dan coding specialist. Mereka berhasil merancang dan mengembangkan sejumlah aplikasi digital learning yang memacu mahasiwa untuk belajar secara online secara mandiri, berkolaborasi, mengerjakan tugas, membaca dan menulis artikel, mengerjakan asesmen, hingga melakukan kajian dan presentasi yang kaya dan menarik. 

Sementara itu Dr. Cepi Riyana, M.Pd selaku Direktur Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (STI), menjelaskan bahwa memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi telah mendorong percepatan transformasi digital di segala bidang kehidupan. Perkembangan teknologi telah berdampak adanya disrupsi yang mengubah tata kelola dan proses kerja yang semula konvensional menjadi serba digital dan Authomatic System, dengan dukungan teknologi internet melaui IoT, cloud computing, big data, artificial intelegent dan emerging technology lainnya.
Ia menjelaskan bahwa UPI menyadari adanya tuntutan arus teknologi dalam tata kelola kelembagaan universitas yang harus lebih modern, berdaya guna, efektif dan antisipatif terhadap perkembangan zaman dan kebijakan pemerintah terutama perubahan kurikulum. Maka sejak tahun 2020 UPI berkomitmen untuk mewujudkan SMART MANAGEMENT SYSTEM (SMS) yang diarahkan pada efektifitas dan integrasi layanan dan pengelolaan.

Smart Management System UPI merupakan Sistem tata kelola kelembagaan akademik dan non-akademik dengan dukungan aplikasi dan infrastruktur teknologi informasi yang terintegrasi. Inisiasi UPI dalam membangun smart campus telah dimulai sejak tahun 2005, ditandai dengan penyediaan jaringan internet fiber optic di kampus utama dan kampus daerah, menyediakan bandwidh yang memadai dan system informasi akademik atau SIAK beserta aplikasi kelengkapannya, walaupun belum sepenuhnya terintegrasi. Dinamika organisasi dan tuntutan kebijakan nasional membulatkan tekad UPI di bawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Solehuddin MA untuk menjadikan Smart Management System UPI sebagai program strategis yang membawa UPI lebih maju di masa depan. 

Selain aplikasi, Smart Management System UPI sejak 2020 juga dilengkapi dengan fasilitas belajar modern atau Smart Classroom dan studio produksi di 8 fakultas dan 5 kampus UPI di daerah.

Saat ini, terdapat 22 Nama Aplikasi yang dikembangkan dari tahun 2019-2022, yang yang tergambar dalam bagan berikut :

APLIKASI ENTERPRISE ARCHITECTURE
Adalah aplikasi arsitektur kelembagaan, organisasi dan IT UPI yang menyelaraskan antara visi, renstra dan SOTK serta dukungan teknologi, sebagai indikator SMS terintegrasi.

SIAK NEW GEN
Merupakan Sistem Informasi Akademik Generasi Baru peralihan dari teknologi desktop menjadi web-based yang lebih adaptif dan antisipatif untuk kebutuhan Cloud Based Technology dimasa depan.

APLIKASI MBKM
Merupakan aplikasi supporting system dalam implementasi kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar untuk memudahkan dalam  tatakelola aktivitas  dalam MBKM.
APLIKASI PERMATA LPTK
Aplikasi pengelolaan pertukaran Mahasiswa antar Perguruan Tinggi Lembaga Pendidikan tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia.

APLIKASI SI SDM
Merupakan system informasi pengelolaan Sumber Daya Manusia secara terpadu.

DASHBOARD IKU
Sistem pengaturan, pemantauan dan monitoring capaian Indikator Kinerja Utama universitas.

APLIKASI KEUANGAN
Sistem Aplikasi Keuangan yang meliputi system pendapatan, system akuntansi dan pelaporan.

APLIKASI BKT
Merupakan system untuk membantu menentukan satuan Biaya Kuliah Tunggal berdasar komponen keuangan, rate SDM, gedung sarana kuliah, sarana praktikum, BHP kuliah dan BHP praktek.

SIKMAWA
Aplikasi sistem informasi kemahasiswaan yang mengelola informasi terkait beasiswa, prestasi mahasiswa, ormawa dan penangguhan.

SIMKERMA
Merupakan aplikasi pengelola informasi kerjasama, yang berfungsi untuk mendata, mengelola dan melakukan pelaporan bidang Kerjasama dan usaha UPI.
SIMSARPRAS
Aplikasi sistem informasi pengelolaan sarana dan prasarana, asset dan fasilitas di Lingkungan UPI.

APLIKASI CDC
Aplikasi Career Development Centre mengelola data alumni, penyediaan kesempatan kerja, direktori perusahaan, pelatihan, dan bimbingan konseling.

SIPBAJA
Sistem Informasi Penyediaan barang dan Jasa, merupakan aplikasi e-procurement untuk semua jenis pengadaan di lingkungan UPI.

MOOCS
Aplikasi Massive Open Online Courses dengan nama Wahana Belajar (wajar.id). Menyediakan ragam pilihan kursus online yang terkait dengan mata kuliah atau peningkatan keterampilan (upskill) masyarakat.

SINERGI
Sistem Informasi Naskah Elektronik Terintegrasi yang merupakan perwujudan e-office yang menggabungkan sistem persuratan dengan tanda tangan digital.

SIDINOSAURUS
Yaitu Sistem Informasi Direktori Inovasi dan Pusat Repositori Unggulan Universitas.

E-KINERJA
Aplikasi pelaporan kinerja unit kelembagaan di lingkungan UPI yang berbasis pada Rencana Strategis Universitas.
AGENDA
Merupakan Aplikasi pengaturan penjadwalan agenda universitas sebagai bagian dari kebutuhan e-office.

TEST CENTRE
Aplikasi pengelola berbgai jenis layanan tes, baik untuk perkuliahan, rekrutmen mahasiswa, dan keperluan lainnya.

SI PPL
Sistem Informasi pengelolaan Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa .

APLIKASI RPL
Aplikasi rekrutmen dan pengelolaan program Rekognisi Pembelajaran. Lampau.

APLIKASI SIET 
Yakni Sistem Informasi Eksekutif Terintegrasi berbasis web dan mobile yang berfungsi untuk akses terhadap Informasi UPI dalam format data kuantitatif.


 

Pewarta: Inforial/Humas UPI

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022