ANTARAJAWABARAT.com,7/12 - PLN Distribusi Jabar Banten (DJBB) meluncurkan layanan "PLN Bersih" dalam rangka Hari Anti Korupsi Internasional dan edukasi pelanggan untuk tidak memberikan uang tips kepada petugas di lapangan.

"Layanan PLN Bersih ini merupakan komitmen PLN dalam melayani pelanggan tanpa suap, pungli dan gratifikasi dalam setiap layanan PLN," kata General Manajer PLN Distribusi Jabar Banten Denny Pranoto dalam apel PLN Bersih di Bandung, Kamis.
Peluncuran Layanan PLN Bersih ditandai dengan Apel Siaga yang diikuti ratusan karyawan PLN DJBB dari kawasan Bandung Raya di Kompleks PLN APJ Bandung. Hadir pada kesempatan itu Direktur Operasi PLN Jawa Bali I Ngurah Aryana.

Hari Anti Korupsi Internasional sendiri jatuh pada 9 Desember 2012. Fokus gerakan PLN Bersih itu untuk semua layanan PLN baik pasang baru, perubahan daya, pelayanan gangguan dan lainnya.

PLN DJBB juga melakukan edukasi kepada pelanggan untuk tidak memberikan uang tips kepada petugas yang telah melayaninya.

"Secara rutin tim dari PLN berkeliling melakukan edukasi laungsung ke pelanggan di tempat strategis, fasilitas umum maupun di lingkungan masing-masing," kata Denny.

Salah satu upaya untuk mendorong gerakan PLN Bersih antara lain dalam penggunaan layanan online dalam melayani pelanggan melalui call center 123 dan website www.pln.co.id.

Layanan online ini untuk meminimalisasi kontak langsung antara petugas PLN dan pelanggan yang berpotensi menyebabkan terjadinya pungli.

Dari Januari hingga Oktober 2012, tercatat 489.401 pelanggan telah menggunakan layanan online dari total 799.732 transaksi pelanggan PLN di Jawa Barat Banten.
"Sebanyak 61,2 persen pengguna transaksi PLN di Jabar Banten telah menggunakan layanan online," katanya.

PLN DJBB menargetkan penambahan pelanggan baru sebanyak 546 ribu, dan akhir tahun ini ditargetkan jumlah pelanggan mencapai 611 ribu pelanggan. Total pelanggan PLN DJBB saat ini sebanyak 10,1 juta pelanggan baik itu industri, bisnis, rumah tangga maupun sosial.

Untuk mencegah praktik pungli, suap dan gratifikasi, pLN meluncurkan SMS 0812255556 dan email kontakkamijabarbanten@pln.co.id.

"Kami akan memberikan sanksi tegas bagi petugas PLN yang kedapatan melakukan pungli," kata GM PLN DJBB itu menambahkan.

Sementara itu Direktur Operasi PLN Jawa Bali, I Ngurah Adyana menyatakan, gerakan PLN Bersih merupakan spirit untuk seluruh awak PLN untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

"Pelayanan prima PLN menjadi prasyarat utama untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, gerakan Bersih ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan PLN kepada pelanggan," kata I Ngurah Adyana.***1***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012