Polrestabes Bandung, Jawa Barat menyiagakan personel yang masuk dalam Satuan Tugas (Satgas) Bencana Alam guna mengantisipasi bencana yang berpotensi terjadi di daerah itu ketika musim hujan.

Pelaksana Tugas Wakil Kepala Polrestabes Bandung AKBP Asep Pujiyono di  Bandung, Selasa, mengatakan para personel itu berasal dari Satuan Samapta Polrestabes Bandung yang nantinya diterjunkan ke lapangan ketika terjadi bencana, salah satunya banjir yang kerap terjadi di daerah itu.

"Kita juga koordinasi dengan TNI untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan apabila ada bencana alam tersebut," kata dia.

Contohnya, kata dia, para personel itu diterjunkan ketika banjir terjadi di kawasan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (3/10).

Selain membantu penanganan banjir, katanya, mereka juga melakukan pengalihan arus lalu lintas karena terjadi kemacetan.

"Hingga untuk ekornya (kemacetan, red.) juga dibantu Polsek Kiaracondong, karena untuk pengalihan arus supaya tidak terjadi kepadatan di lokasi banjir," katanya.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat waspada ketika hujan deras terjadi, khususnya mewaspadai potensi pohon tumbang yang bisa membahayakan keselamatan jiwa.
Pada Selasa ini, katanya, terjadi dua kejadian pohon tumbang yang berada di kawasan Bandung Wetan dan Sukasari.

Namun ia memastikan tidak ada korban atas dua kejadian tersebut dan hanya kerugian materi.

"Apabila hujan itu mohon tidak parkir kendaraan di bawah pohon, karena untuk menghindari pohon tumbang kembali, kita juga koordinasi dengan Pemkot Bandung, apabila ada pohon yang rapuh itu untuk dipotong," katanya.

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022