Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Jawa Barat mulai memberikan imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) secara gratis kepada anak-anak, melalui Posyandu, Puskesmas, dan layanan kesehatan atau pos imunisasi lainnya.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati di Depok, Sabtu, mengatakan imunisasi diberikan untuk anak usia 2, 3, dan 12 bulan. Imunisasi diberikan tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan.

"Depok sebagai salah satu kota di Jawa Barat berkewajiban untuk mulai pelaksanaan imunisasi PCV yang dimulai pada 12 September 2022," katanya.

Baca juga: Aplikasi SI PAUD cegah amputasi diabetes

Mary menyebutkan, terkait pelaksanaan imunisasi PCV untuk tahap awal sosialisasi diberikan kepada tenaga kesehatan pada Kamis (08/09) lalu. Sosialisasi diberikan sebagai penguatan kapasitas petugas yang akan langsung melakukan edukasi dan pelayanan kepada masyarakat.

Mary berharap dengan pemberian imunisasi PCV secara gratis dapat mencegah penyakit Pneumonia yang merupakan penyakit infeksi yang sangat endemis dan menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada bayi dan balita di Indonesia.

Disebutkannya, ada sekitar 3.600 anak di Kota Depok menjadi sasaran pemberian vaksin PCV. Jumlah sasaran ini sesuai dengan usia bayi yang menerima imunisasi PCV pada usia 2 bulan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dinkes Depok mulai beri vaksin PVC secara gratis

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022