Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendorong seluruh toko swalayan yang ada di Cianjur untuk menyediakan rak khusus bagi produk unggulan UMKM agar memiliki pasar dan mudah didapat pembeli terutama wisatawan yang berlibur ke berbagai obyek wisata di daerah tersebut.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Jabar, Selasa, mengatakan agar terwujud harapan untuk mendapat pasar layaknya produk pabrikan, maka pelaku UMKM di Cianjur harus mendapatkan tempat khusus di sejumlah toko swalayan yang ada sehingga dapat bersaing dengan produk lainnya.

"Ini sudah menjadi komitmen pemerintah daerah untuk membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya, sehingga seluruh toko swalayan yang ada di Cianjur, wajib menyediakan rak khusus untuk produk unggulan berbasis kearifan lokal, sehingga warga atau wisatawan dapat membeli dengan mudah," kata Herman Suherman.

Herman menjelaskan, pasar yang sudah tersedia menuntut pelaku UMKM dapat lebih produktif dan dapat berinovasi, sehingga produk yang mereka hasilkan dapat menembus pasar nasional bahkan internasional dengan cara melek teknologi termasuk pola pemasaran daring.

Selama pandemi, berbagai macam produk unggulan dapat bertahan dengan memiliki pasar yang cukup luas tidak hanya ditingkat lokal atau regional Jabar, namun dapat menembus hingga luar pulau Jawa.
Dengan demikian, masih menurut dia, kreativitas dan daya saing yang dimiliki pelaku UMKM juga harus ditingkatkan agar produk UMKM Cianjur dapat terus dicari oleh berbagai kalangan.

"Kami mengapresiasi upaya PT Indomarco dalam memberikan tempat untuk produk UMKM Cianjur, meski ini bukan yang pertama karena sebelumnya, Alfamart juga sudah melakukan hal yang sama serta sejumlah toko swalayan dengan brand lokal," kata Herman.

Disebutkan, kalangan pelaku UMKM Cianjur menyambut baik langkah yang dilakukan toko swalayan yang banyak tersebar di Cianjur, karena dapat meningkatkan kesiapan pelaku UMKM untuk berkreasi dan berinovasi dalam memenuhi syarat agar produk mereka dapat dijual di toko dan gerai yang ada sehingga memudahkan pembeli mendapatkannya secara langsung.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022