Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus adalah salah satu momentum untuk bepergian baik untuk beristirahat, berlibur, berwisata, atau untuk mengunjungi sanak saudara di kota lain.
 
Menghabiskan liburan dengan bersepeda di tempat yang indah di Indonesia sambil menghirup udara segar menjadi salah satu wisata yang digemari menjelang libur 17 Agustus tahun ini.
 
Public Relations Sr. Manager tiket.com Sandra Darmosumarto, kepada ANTARA, Selasa, mengatakan wisata domestik saat ini juga menjadi destinasi favorit untuk para kaum muda untuk berwisata dengan tujuan menyalurkan hobi atau minat khusus.
 
"Salah satu yang menjadi favorit adalah kegiatan bersepeda, di mana Yogyakarta menjadi pilihan utama. Selain itu, meditasi di Ubud, Bali, juga sangat diminati masyarakat, ditambah sekarang masyarakat mulai mengenal tradisi Melukat di Bali," katanya.
 
Wisata domestik memang masih menjadi primadona di masa pandemi, banyak masyarakat yang memilih untuk staycation bahkan work from anywhere di Bali. Hingga kini pun, Bali masih menjadi pusat tujuan wisata, terlebih kini dengan kondisi pandemi yang mulai membaik dan koridor internasional sudah kembali terbuka, Bali semakin dipenuhi oleh wisatawan. Namun, ia menyebutkan destinasi lain seperti Yogyakarta, Bandung, Belitung, juga menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk berlibur.
 
"Bagi yang ingin melakukan perjalanan kami memiliki sejumlah rekomendasi destinasi favorit domestik popular yang saat ini juga masuk ke dalam promo kami, di antaranya Jogja, Bali, Medan, Belitung, Padang, Surabaya, Malang, dan Bandung."
 
Sedangkan untuk destinasi favorit internasional, ia merekomendasikan destinasi Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok, Saigon, Seoul, dan Sydney.
 
Sandra menambahkan, pihaknya menyediakan aneka promosi kegiatan perjalanan dan berwisata pada tanggal 17 Agustus tersebut lewat deretan Independence Deals.

Sebelumnya Institut Pertanian Bogor (IPB) mengajak 1.000 orang terdiri atas sebagian alumni gowes bersama sepanjang 59 kilometer pada September-Oktober 2022 dalam semangat mengatasi perubahan iklim yang disuarakan di forum G20.
 
"Ini adalah IPB Green run 2022 karena memang akan diakhiri dengan menanam pohon. Sekaligus memasyarakatkan semangat hijau untuk mengatasi perubahan iklim dalam rangka G20, nyambung juga," ujar Rektor IPB Arief Satria saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Minggu.
 
Gowes dimulai dari Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat menuju kampus IPB Baranangsiang dan lari maraton diakhiri menanam pohon di kampus IPB Dramaga.
 
Arief menuturkan kesadaran masyarakat terhadap olahraga semakin terbuka saat Pandemi COVID-19 ini sehingga perlu didorong olahraga yang bisa memberikan pengalaman baru kepada mereka.
 
Rangkaian IPB run 2022 akan memberikan sejumlah trek yang memberikan tantangan kepada peserta, lengkap dengan sejumlah fasilitas yang dipersiapkan, seperti tenaga medis, mobil jemputan hingga kuliner.
 
Arief menyampaikan kegiatan ini sebetulnya telah direncanakan sejak sebelum pandemi COVID-19 pada tahun 2020. Alumni dan masyarakat yang mengikuti kegiatan lari maraton akan dibawa untuk mengelilingi area IPB yang menyajikan suasana kampus hijau.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wisata bersepeda salah satu yang digemari jelang libur HUT RI

Pewarta: Nanien Yuniar

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022