Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) berkunjung ke Cirebon pada 4-5 Agustus lalu untuk mempelajari pesatnya ekonomi kreatif wisata setempat. 

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Selatan, Rus Suharto mengatakan, pihaknya memilih Cirebon sebagai destinasi wisata Pokdarwis lantaran beragamnya ekonomi kreatif di kota wilayah Jawa Barat tersebut.

“Destinasi pariwisata dikaitkan dengan ekonomi kreatif itu akan hidup. Seperti di Kampung Sabin Cirebon ini kan kreatif membuat kenyamanan pengunjung,” kata Rus Suharto di Jakarta, Minggu.

Menurut Rus, sarana pendukung penting dibuat kreatif untuk mengundang pengunjung di sebuah tempat wisata.  Selain itu penting pula mengganti tema di sebuah tempat wisata setiap dua tahun sekali agar wisatawan tidak mudah jenuh saat berkunjung.

Praktisi budaya Cirebon, Nana Mulyana mengungkapkan, ekonomi kreatif juga membutuhkan desain produk dan promosi yang "menjual" ke masyarakat. 

Nana menganggap desain ini perlu dilestarikan karena memasukkan kearifan lokal yang harus dijaga. Tentunya juga turut mengajak warga Cirebon sebagai perajin untuk bisa mendapat penghasilan tambahan.

"Kerajinan ini akan diekspor dan desainnya dibentuk sesuai dengan selera orang Eropa," kata dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sudin Parekraf Jaksel pelajari ekonomi kreatif wisata Cirebon

Pewarta: Luthfia Miranda Putri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022