Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2022 kategori Madya oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

"Tahun sebelumnya, Purwakarta juga telah mendapat penghargaan dan dinobatkan sebagai KLA kategori Pratama," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Sabtu.

Ia mengatakan sejumlah indikator penilaian dari Kementerian PPPA RI sudah dievaluasi Pemerintahan Kabupaten Purwakarta.

"Indikator-indikator itu di antaranya adalah pemenuhan hak anak. Alhamdulillah penghargaan ini untuk kedua kalinya kita terima, tahun 2021 KLA dengan kategori Pratama dan tahun ini kategori Madya," katanya.

Ia menjelaskan syarat lima klaster dalam penilaian sudah dipenuhi Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purwakarta, bahkan daerah setempat sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Layak Anak

"Untuk pemenuhan hak anak, Purwakarta sudah memenuhi sejumlah klaster yang ditentukan, yang pertama adalah proses kelembagaan. Alhamdulillah, kita sudah ada Perda KLA, ada pembentukan perangkat daerah atau dinas terkait yaitu Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," katanya.
Terkait dengan pemenuhan hak sipil dan kebebasan, pihaknya terus mendorong anak-anak Purwakarta mempunyai akte lahir, kartu tanda anak, kesehatan dasar dan kesejahteraan.

"Ada belasan puskesmas yang sudah ditetapkan dan terakreditasi sebagai puskesmas yang ramah anak dan seluruh sekolah juga hampir semua sekolah di semua tingkatan sudah berkomitmen untuk menjadikan sekolah ramah anak," katanya.

Penghargaan KLA diberikan Kementerian PPPA kepada kabupaten/kota yang memiliki sistem pembangunan hak dan perlindungan khusus anak secara menyeluruh, berkelanjutan, dan terencana.

Terdapat sejumlah kategori dalam penghargaan tersebut, yaitu predikat Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA.

Purwakarta mendapatkan penghargaan itu pada Acara Anugerah Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2022 yang digelar secara virtual di Aula Janaka, Jumat (22/7) malam.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peringatan Hari Anak Nasional 2022 menyampaikan bahwa anak-anak harus dilindungi dan setiap haknya dipenuhi.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi melalui unggahan di akun resmi Instagramnya, @jokowi sebagaimana dikutip di Jakarta, Sabtu.

“Kita hanya perlu memastikan anak-anak Indonesia tetap terlindungi, terpenuhi hak-haknya,” kata dia.

Menurut Presiden, setiap anak mempunyai cita-cita dan impian masa depannya sendiri.

Seluruh pihak juga harus memastikan agar anak-anak bergembira, tumbuh sebagai manusia yang berjiwa merdeka, dan menjadi bagian dari kemajuan bangsa.

“Setiap anak punya cita-cita dan impian masa depannya sendiri,” ujar dia.

Ucapan Jokowi di akun Instagramnya juga disertai dengan animasi bergerak yang menggambarkan Jokowi sedang bermain layangan bersama sejumlah anak di sekitar pantai.

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 pada 23 Juli 2022 mengambil tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Melalui tema ini diharapkan anak Indonesia pada situasi pascapandemi COVID-19 terus terlindungi fisik, jiwa, dan mendapatkan hak-hak, seperti hak belajar, bermain, dan bergembira.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022