Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia berawan pada Jumat siang.

Dikutip dari laman bmkg.go.id, kota besar yang diprakirakan berawan yakni Yogyakarta, Semarang, Palangka Raya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Ternate, Mataram, Manokwari, Mamuju, dan Makassar.

Kota besar lainnya yang diprakirakan cerah berawan yakni Banda Aceh, Denpasar, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Bandung, Samarinda, Tarakan, dan Palembang.

Sementara, kota besar lainnya yang diprakirakan cerah yakni Jakarta Pusat, Surabaya, Pekanbaru, Padang, dan Medan.

Kota lain yang diprakirakan hujan ringan yakni Pontianak dan Kendari. Kota besar lainnya yang diprakirakan hujan sedang yakni Manado dan Ambon. Kota besar lainnya yang diprakirakan hujan petir yakni Banjarmasin.


Pada malam harinya, sebagian kota besar diprakirakan cerah berawan yakni Banda Aceh, Denpasar, Jakarta Pusat, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Mataram, Kupang, Jayapura, Palembang, dan Medan,



Kenaikan suhu

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan kenaikan suhu permukaan lebih nyata terjadi di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan Pulau Sumatera bagian timur, Pulau Jawa bagian utara, Kalimantan dan Sulawesi bagian utara mengalami tren kenaikan > 0,3 per dekade.

Laju peningkatan suhu permukaan di Indonesia tersebut, berdasarkan analisis hasil pengukuran suhu permukaan dari 92 Stasiun BMKG dalam 40 tahun terakhir.

Laju peningkatan suhu permukaan tertinggi tercatat terjadi di Stasiun Meteorologi Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Kota Samarinda (0,5 per dekade). Sementara itu, wilayah Jakarta dan sekitarnya suhu udara permukaan meningkat dengan laju 0,40 – 0,47 per dekade.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG prakirakan sebagian besar wilayah Indonesia berawan

Pewarta: Indriani

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022