Jamaah calon haji kloter 30 asal Cianjur, Jawa Barat, diberangkatkan menuju Embarkasi Haji Bekasi sebelum diterbangkan ke Tanah Suci.

Jamaah tersebut yang berjumlah 217 orang sudah menginap di asrama haji Cianjur.

Baca juga: Jamaah calon haji Cianjur diberangkatkan dalam kloter 16

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Cianjur, Asep Hidayat di Cianjur Jumat, mengatakan jamaah calon haji gelombang kedua akan dilepas Bupati Cianjur dan unsur Forkopimda Cianjur dari halaman Kantor Kemenag Cianjur.

"Jamaah calon haji asal Cianjur ini, akan berangkat ke embarkasi Bekasi sebelum terbang ke Tanah Suci bergabung dengan calon haji yang sudah berangkat lebih awal satu pekan sebelumnya," katanya.

Pihaknya mengimbau jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci karena cuaca saat ini panas. Tetap menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru dan menggunakan cream sunblok atau cream penahan panas matahari agar kulit tetap dingin.
“Nanti petugas di embarkasi akan membekali calon haji cream sunblock untuk bekal di selama berada di tanah suci dan alat pelindung diri. Kami imbau juga calon haji untuk tidak terlalu banyak berziarah agar tidak mengganggu ibadah utama,” katanya.

Sementara menjelang keberangkatan calon haji asal Cianjur, petugas gabungan Satpol PP, Polri/TNI dan Dishub Cianjur, disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya macet total di sepanjang jalur yang akan dilalui rombongan karena pengantar calon haji lebih banyak.

Baca juga: Kemenag catat kuota haji 2022 untuk Cianjur 629 orang

Kepala Dinas Perhubungan Cianjur, Aris Haryanto, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Cianjur, untuk melakukan sejumlah rekayasa arus saat rombongan calon haji dilepas Bupati Cianjur dari Kantor Kemenag Cianjur, dapat melintas tanpa terjebak macet.

"Pengawalan juga akan dilakukan sampa ke embarkasi Bekasi, saat ini arus lalulintas tersendat di depan kantor Kemenag Cianjur di Jalan Raya Bandung-Cianjur. Banyaknya pengantar calon haji memarkir kendaraan di pinggir jalan, namun menjelang keberangkatan kita pastikan dapat berjalan lancar," katanya.

Baca juga: Calon haji asal Cianjur dikabarkan meninggal dunia di Madinah

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022