Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan  mendukung dan memfasilitasi program penguatan pembangunan infrastruktur jalan poros desa di wilayah pelosok Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk memberikan kemudahan akses masyarakat dan menumbuhkan perekonomian daerah.

"Poros-poros jalan desa kita perbaiki dengan bantuan dari pemerintah kabupaten," kata Rudy Gunawan di Garut, Rabu.

Baca juga: Pemkab Garut anggarkan iuran BPJamsostek bagi pekerja non-ASN

Ia sengaja memimpin rapat terbatas bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Singajaya, Selasa (14/6), yang dihadiri para kepala desa dan perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Garut untuk membahas infrastruktur jalan poros desa dan permasalahan lainnya.

Khusus jalan poros desa, kata dia, akan membangun sepanjang 20 kilometer di Kecamatan Banjarwangi, kemudian di Kecamatan Singajaya sekitar 16 sampai 17 kilometer dalam rangka penguatan infrastruktur jalan desa.

"Terutama jalan poros desa kami akan membangun tadi 20 kilometer yang ada di Kecamatan Banjarwangi, dan tadi di sini sudah ada sekitar 16-17 kilometer yang ada di Kecamatan Singajaya, ya dalam rangka penguatan infrastruktur jalan poros desa," kata Bupati.
Ia menyampaikan selain membahas masalah jalan poros desa ada juga yang menjadi perhatian pemerintah daerah yakni terjaminnya ketersediaan air bagi masyarakat.

"Kami ingin menguatkan bahwa air adalah merupakan bagian yang harus ada di setiap rumah tangga," katanya.

Baca juga: PNM Garut targetkan Rp1,3 triliun untuk bantu permodalan usaha

Ia menambahkan persoalan lainnya yakni masalah kemiskinan, untuk itu kepala desa bisa lebih peduli terhadap masalah tersebut di daerahnya masing-masing dengan melakukan berbagai program dan mendatangi langsung masyarakat.

"Saya minta kepala desa untuk lebih meningkatkan kepedulian bilamana ada hal-hal yang ekstrem dari sisi kemiskinan yang kita laporkan, dan yang ketiga kita ingin berkolaborasi dengan ini mengatasi masalah kemiskinan," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022