CHENGDU, China, 5 Juli 2012 /PRNewswire-Asia/ -- Tanggal 4 Juli menandai peluncuran Panda Awareness Week (PAW), dengan 108 panda berkostum yang menampilkan tarian yang terinspirasi dari tai-chi di tengah-tengah Trafalgar Square.

(Foto: http://photos.prnewswire.com/prnh/20120704/CN34711 )

PAW, yang didukung oleh ahli panda dan presenter TV satwa liar, Nigel Marven, dirintis oleh Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding (Chengdu Panda Base), basis penangkaran dan penelitian terkemuka di dunia untuk panda besar di Chengdu, ibukota Provinsi Sichuan, China. PAW bertujuan meningkatkan kepedulian dan dukungan bagi konservasi dan perlindungan panda sebagai salah satu spesies yang paling terancam habitatnya di dunia.

Aktivitas PAW pada minggu ini akan digelar di London hingga 6 Juli dan menyaksikan panda yang mengadakan "pesta panda" di Covent Garden, mengambil alih London Underground dan mengunjungi landmark kota yang paling terkemuka ini. 108 panda berkostum menunjukkan 108 panda yang saat ini terdapat di Chengdu Panda Base, yang memainkan peran utama dalam mendorong pertumbuhan berkelanjutan populasi panda besar, dan menyelamatkan serta rehabilitasi untuk mengembalikan mereka ke habitat alaminya.

Tahun ini menandai hari jadi ke-25 Chengdu Panda Base, yang didirikan pada tahun 1987 saat 6 panda besar diselamatkan dari alam liar. Melalui rencana konservasi yang berdedikasi, Chengdu saat ini memiliki populasi penangkaran panda terbesar di dunia, serta bertujuan meningkatkan populasi tersebut dari 108 hingga 150 panda dalam 10 tahun ke depan.

Selama PAW berlangsung, Nigel Marven dan ahli panda dari Chengdu, bersama dengan panda berkostum juga akan mengunjungi sekolah dasar di London untuk mendidik dan menginspirasi anak-anak akan pentingnya menyelamatkan panda besar dan bagaimana mereka dapat memainkan peran dalam upaya konservasi Chengdu yang tengah dilakukan.

PAW berkomitmen untuk menciptakan warisan jangka panjang - ini juga memungkinkan sekolah dasar di seluruh Inggris untuk berpartisipasi dalam program pendidikan "Panda Pal", di mana sekolah dapat mendaftar untuk menerima informasi baru reguler dan informasi tentang kesehatan, kesejahteraan dan pengembangan dari grup panda yang dipilih untuk menumbuhkan minat berkelanjutan dan keterlibatan penting antara sekolah di London dan Chengdu Panda Base di China.

Dalam karyanya di Chengdu Panda Base dan perannya sebagai Duta Besar Resmi PAW, Nigel Marven berujar,"Pada bulan Agustus 2010 saya mengunjungi Chengdu Panda Base dan itu adalah pengalaman sangat luar biasa yang membuat saya memiliki keistimewaan untuk menjadi Duta Besar Panda Chengdu Barat yang pertama. Panda tersebut sejak lama telah menarik minat saya sehingga saya mencari peluang untuk terlibat dengan peluncuran Panda Awareness Week di London.

"Saya yakin semua pekerjaan besar yang dilakukan selama PAW berlangsung akan menyoroti upaya fantastis dari kota Chengdu, khususnya Chengdu Panda Base dan selanjutnya membantu meningkatkan kepedulian bagi salah satu spesies yang paling terancam di dunia yaitu panda besar."

Dr. Zhang Zhihe, Direktur Chengdu Panda Base, berkata, "Chengdu Panda Base merasa senag dapat meluncurkan Panda Awareness Week di London sebagai perhatian dunia di kota ini menjelang Olimpiade tahun 2012.

"Tujuan utama kami adalah untuk membantu panda kembali ke habitat alam mereka dan meningkatkan jumlah panda besar yang hidup di alam liar. Kami berharap bahwa Panda Awareness Week membantu kami secara efektif memperluas dukungan untuk konservasi panda dan mencari pendukung baru untuk penyebab khusus ini." PAW secara resmi akan diluncurkan di acara pembukaan VIP yang dihadiri oleh para tamu penting dari Chengdu dan London, di Bamboo House di jantung Covent Garden pada tanggal 4 Juli.

KONTAK: Yvonne, +86-186-0289-2980, panda_paw@yahoo.cn

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012