Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan adanya kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat pada musim libur Lebaran maupun Waisak dapat mempercepat pemulihan ekonomi daerah setelah lama terdampak pandemi COVID-19.

"Ini adalah gambaran pemulihan ekonomi, khususnya Kabupaten Garut," kata Helmi Budiman di Garut, Kamis.

Ia menuturkan kawasan wisata di Kabupaten Garut pada musim libur panjang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah yang sedang mudik maupun wisatawan lokal.

Baca juga: Pemkab Garut bersihkan sampah di tempat wisata Situ Bagendit usai libur panjang

Menurut dia, lonjakan kunjungan wisatawan ke Garut itu telah berdampak baik untuk pertumbuhan ekonomi daerah yang selama ini merosot karena pandemi COVID-19.

"Kita membuka wisata yang dikelola dengan baik, saya yakin ini memberikan suatu optimisme," katanya.

Ia pun mengimbau masyarakat khususnya pengunjung untuk bersama-sama menjaga kawasan wisata agar tetap nyaman dan aman, begitu juga pihak yang melakukan usaha di tempat wisata agar selalu mengikuti arahan dan peraturan pemerintah.

Jika semua mematuhi aturan, kata dia, maka tempat wisata akan terasa nyaman yang akhirnya terjadi pertumbuhan ekonomi karena banyak wisatawan yang datang.
"Ikuti apa yang sudah diarahkan oleh pemerintah, UPT, dinas dan juga dari desa sehingga dampak ekonominya dapat, kenyamanan juga, kerapihan juga dapat," katanya.

Baca juga: Ombudsman Jabar turun ke Garut dorong peningkatan kualitas layanan publik

Selama musim libur Lebaran, kawasan wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan di antaranya objek wisata Situ Bagendit, pemandian air panas Cipanas Garut, Darajat, wisata pantai, wisata pegunungan seperti Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, dan Taman Satwa Cikembulan.

Cukup ramainya wisatawan saat musim libur Lebaran itu membuat arus lalu lintas di jalur wisata cukup padat.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022