Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, mencatat selama libur panjang Lebaran 2022 sebanyak 250 pemudik yang melintas di jalur utama Cianjur, mendapatkan vaksinasi di gerai vaksinasi yang disediakan Polres Cianjur bersama Dinkes Cianjur.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinkes Cianjur, dr Frida Laila Yahya saat dihubungi Selasa, mengatakan sebagian besar pemudik yang mendatangi gerai vaksinasi yang berdiri di sebelah pos pam yang ada di sepanjang jalur utama Cianjur, sejak H-7 hingga H+5 Lebaran.

Baca juga: Gerai vaksinasi di tempat wisata Cianjur layani puluhan orang

"Pemudik yang mendapatkan vaksinasi dosis kesatu sebanyak 54 orang dan 196 orang mendapatkan vaksinasi dosis kedua, semuanya tersebar di sejumlah gerai yang tersedia mulai dari wilayah utara hingga selatan Cianjur," katanya.

Ia menjelaskan, selama musim mudik dan balik Lebaran, pemudik yang mendapatkan vaksinasi dapat melanjutkan perjalanan setelah disarankan beristirahat selama satu hingga dua jam sebelum melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya masing-masing.

"Mereka yang mendapatkan vaksinasi sebagian besar warga luar kota dengan tujuan kabupaten/kota di Jawa Barat," katanya.
Sementara terkait angka kasus COVID-19 selama libur panjang hari raya, ungkap dia, masih nol kasus, namun untuk antisipasi pihaknya tetap mengimbau satgas tingkat kecamatan, desa hingga RT, untuk melakukan pengawasan dan segera melapor jika mendapati warga atau pemudik dengan gejala COVID-19.

Hal yang sama juga dilakukan bagi tenaga kesehatan di masing-masing puskesmas, untuk siaga dan segera melakukan penanganan cepat ketika mendapat laporan dari satgas."Sampai H+7 ini masih nol kasus dan kita berharap tidak ada kasus lagi," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur aktifkan 12 pospam dan 12 gerai vaksinasi

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022