Tingkat kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata yang tersebar di sejumlah daerah Kabupaten Garut, Jawa Barat ramai di hari terakhir libur Hari Raya Lebaran, Minggu.

Objek wisata yang masih terpantau ramai salah satunya Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora, dan objek wisata alam di kawasan Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan.

Baca juga: Arus balik di jalur lintas Gentong Tasikmalaya menuju Bandung padat

Objek wisata lainnya yakni Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, lalu wisata pemandian air panas Darajat di Kecamatan Pasirwangi, dan Cipanas Garut di Kecamatan Tarogong Kaler.

Seorang pengunjung Taman Satwa Cikembulan Iki (25) mengatakan sengaja mengisi libur Lebaran dengan berwisata ke taman satwa yang jaraknya dekat sehingga tidak terjebak lama macet di jalan.

Menurut dia, Taman Satwa Cikembulan cukup menarik dan banyak koleksi satwanya, apalagi suasananya berada di pedesaan dengan suasana alam pemandangan gunung yang berbeda dengan kebun binatang lainnya.

"Lebih asyik dibanding kebun binatang lain, di Garut ada nuansa alamnya," kata Iki wisatawan asal Garut.

Manajer Operasional Taman Satwa Cikembulan Rudi Arifin mengatakan jumlah wisatawan yang berkunjung setiap harinya pada momentum Lebaran mencapai seribuan orang.
 

Menurut dia, kondisi ramai pengunjung berlangsung sampai akhir libur Hari Raya Lebaran yaitu Minggu, karena pemudik sudah kembali ke daerah asalnya dan Senin sudah mulai aktivitas kerja.

"Libur Lebaran kan sampai Minggu, tapi sekarang libur sekolah diperpanjang, mudah-mudahan pengunjung masih ramai," katanya.

Baca juga: Tim SAR terus cari wisatawan yang hilang di Pantai Sayang Heulang Garut

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan dampak pemerintah mengizinkan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah membuat kunjungan wisatawan cukup banyak ke sejumlah objek wisata di Garut.

Hasil laporan di lapangan, kata dia, ada satu jutaan orang mengunjungi objek wisata di Garut mulai dari wisata danau, wisata pegunungan, pantai, maupun pemandian air panas di Cipanas Garut.

Menurut dia, objek wisata di Garut selalu ramai dikunjungi berbagai kalangan usia dan dari sejumlah daerah pada musim libur, termasuk saat libur Hari Raya Lebaran.
 

Objek wisata yang ramai dikunjungi, kata dia, Situ Bagendit, Cipanas Garut, Darajat, wisata pantai di selatan Garut, dan wisata alam salah satunya Taman Wisata Alam Gunung Papandayan.

Menurut dia Gunung Papandayan memiliki daya tarik tersendiri dan selalu berkesan karena pengunjung yang datang merasa tidak bosan dan ingin datang lagi ke Garut.

"Kalau misalkan datang ke Papandayan misalkan ya, serasa beda lagi, beda lagi gitu, dan itu bukan kata saya saja, yang sudah berkunjung ke sini beberapa kali, pasti datang lagi ke sini," katanya.***1***

Baca juga: Kunjungan ke tempat wisata di Garut lebih satu juta orang

Baca juga: Wabup Garut pertanyakan sistem keamanan di tempat wisata air Darajat

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022