ANTARAJAWABARAT.com,7/6 - Pesanan pakaian seragam dan olahraga untuk SD, SMP dan SMA ke sentra produksi kaos dan seragam sekolah di kawasan Suci Kota Bandung mulai mengalami peningkatan sekitar 20 persen.

"Juni 2012 sudah ada meningkatan permintaan order pakaian seragam sekitar 20 persen, puncaknya diprediksi pada Juli mendatang yang bisa mencapai dia kali lipat dari permintaan hari-hari biasanya," kata Ketua Kooperasi Pengrajin Kaos Suci, Marnawi Munamah di Bandung, Kamis.

Menurut Marnawi, pesanan pakaian seraham dan kaos olahraga itu ada penyesuaian harga dibandingkan tahun lalu, pasalnya terdapat kenaikan harga bahan baku kain.

Meski demikian diprediksi tidak akan mengurangi jumlah pesanan yang masuk bukan hanya dari wilayah Bandung dan Jawa Barat juga dari provinsi lainnya seperti dari Kalimantan, Sumawesi serta beberapa daerah di Jateng dan Jatim.

"Pesanan rata-rata pada Juni nilainya diprediksi mencapai Rp20 miliar, sedangkan pada Juli diprediksi bisa menembus Rp40 miliar hingga Rp50 miliar, di kawasan Suci saja," katanya.

Ia menyebutkan, saat ini rata-rata pesanan pakaian seragam dan kaos olahraga yang dikerjakan pengrajin di kawasan Suci Bandung mencapai 5.000 potong. Sedangkan pada Juli diprediksi rata-rata meningkat hingga menembus 8.000 potong bahkan lebih.

Marnawi menyebutkan, harga pakaian seragam dan pakaian olahraga satu paketnya masing-masing untuk SD sekitar Rp70 ribu, SMP Rp120 ribu dan SMA seharga Rp150 ribuan.

"Diharapkan marema pesanan tahun ajaran baru ini berlanjut hingga Lebaran mendatang. Namun biasanya untuk lebaran tidak begitu sesignifikan pesanan untuk tahun ajaran baru," katanya menambahkan.***2***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012