Puncak arus mudik Lebaran 2022 di Terminal Cicaheum Kota Bandung, Jawa Barat, diprediksi terjadi pada Jumat (29/4) dan Sabtu (30/4).
 
"Untuk puncak arus mudik di Terminal Cicaheum tahun ini akan terjadi di hari Jumat (29/4) dan Sabtu (30/4)," kata Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung, Roni Hermanto di Bandung, Kamis.
 
Roni menuturkan belum bisa memperkirakan jumlah penumpang pada puncak arus mudik di Terminal Cicaheum Kota Bandung.

Baca juga: Terminal Cicaheum Kota Bandung berangkatkan 3.500 penumpang
 
Sementara itu, lanjut Roni, sejak Senin (25/4) atau H-7 Lebaran hingga Rabu (28/4) belum ada keterlambatan kedatangan bus di Terminal Cicaheum.
 
"Alhamdulillah semua sesuai jadwal keberangkatan masing-masing bus," kata Roni.

Baca juga: Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum Bandung segera beroperasi

Pengelola Terminal Cicaheum Bandung, Jawa Barat, menyatakan dari tanggal 25-27 April 2022 (H-7 hingga H-3 Lebaran 2022) telah memberangkatkan 3.500 penumpang ke berbagai daerah di Jawa Barat dan luar Jawa Barat.
 
"Penurunan penumpang tahun ini lumayan sekitar 70 persen. Kalau tahun 2019, sejak H-7 sampai H-4 itu, kami memberangkatkan sekitar 10 ribu penumpang. Namun tahun ini sejak H-7 sampai sekarang, kami baru memberangkatkan sekitar 3.500 penumpang," kata Roni Hermanto.

Baca juga: Terminal Cicaheum Bandung sepi, banyak bus tidak beroperasi
 
Roni menuturkan jumlah pemudik di Terminal Cicaheum Kota Bandung pada Lebaran 2022 mengalami penurunan yang drastis dibanding sebelum pandemi COVID-19, tepatnya tahun 2019.
 
Menurut dia, penurunan jumlah penumpang di Terminal Cicaheum tersebut karena masih adanya warga yang belum mendapatkan vaksin COVID-19 dosis pertama, kedua atau penguat.
 
Sebagaimana diketahui, vaksinasi COVID-19 menjadi syarat wajib warga jika hendak mudik ke kampung halamannya menggunakan moda transportasi umum.
 
Baca juga: Terminal Cicaheum siap uji kelayakan kendaraan jelang Natal dan Tahun Baru
 
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat dan Jasmine Zakariah AF

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022