Terminal Cicaheum Bandung pada Selasa sepi karena sebagian besar bus tidak beroperasi menurut Kepala Terminal Cicaheum Bandung, Roni Hermanto.

Roni mengatakan pengguna bus menurun semenjak penularan virus corona merebak pada Maret 2020, karenanya sebagian pengelola layanan bus menghentikan operasi untuk sementara.

Dia mengatakan beberapa hari lalu jumlah penumpang bus di Terminal Cicaheum hanya sekitar 400 orang per hari, padahal dalam keadaan normal pengguna bus di terminal itu bisa sampai 1.700 orang per hari.

"Jumlah penumpang terus menurun. Jadi sekitar 70 persen penumpang menurun," kata Roni.

"Jadi tidak semua beroperasi, ada sejumlah (pengelola) PO bus yang sekarang tidak mengoperasikan, itu kebijakan manajemen PO-nya," ia menambahkan.

Menurut Roni, kedatangan dan keberangkatan penumpang dari Terminal Civaheum menurun sekitar 32 persen pada Maret 2020.

Pada Februari, jumlah penumpang yang datang lewat terminal itu 23.048 orang dan penumpang yang berangkat dari sana 35.563 orang. Selama Maret, jumlah penumpang yang datang 18.902 orang dan penumpang yang berangkat 31.378 orang.

"Tetap kita mengimbau juga untuk tidak mudik, tujuan pemerintah kan untuk social distancing (pembatasan sosial). Tapi kalau (penumpang) sudah datang ke terminal, ya apa boleh buat, kita tetap melayani," kata dia.

Baca juga: Banjir terjang Baleendah Bandung ketinggian air capai 2,5 meter

Baca juga: Polrestabes Bandung semprotkan disinfektan di 30 lokasi rawan
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020