Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Jawa Barat mengusulkan bantuan ke pemerintah pusat untuk pengadaan 119 ribu set top box (STB) bagi masyarakat kurang mampu menjelang pengalihan penyiaran televisi analog menjadi siaran digital.

"Sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk STB khusus bantuan masyarakat yang miskin sebanyak 119 ribu," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Garut Muksin melalui siaran pers di Garut, Kamis.

Baca juga: KAI operasikan KA Cikuray dan KA Garut Cibatuan mulai Jumat

Muksin menuturkan pemerintah pusat telah mempersiapkan program pengalihan siaran televisi analog atau analog switch off (ASO) menjadi siaran digital yang lebih jernih tayangannya.

Pemkab Garut, kata dia, menyambut program tersebut, untuk itu mengajukan bantuan STB gratis kepada pemerintah pusat agar siaran televisi digital bisa dirasakan masyarakat kurang mampu di Garut.

"Direalisasi atau tidaknya belum ada informasi (lebih lanjut)," katanya.

Ia menjelaskan alat yang diusulkan merupakan salah satu perangkat tambahan yang bisa digunakan masyarakat yang saat ini masih menggunakan TV analog untuk mengakses sinyal digital.
Kabupaten Garut, kata dia, masuk tahap 1 untuk program ASO tersebut bersama dengan 11 kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Satgas Garut percepat vaksinasi COVID-19 jelang Ramadhan

Masyarakat Garut, lanjut dia, siap tidak siap harus segera bermigrasi dari TV analog ke digital, terlebih digital memiliki banyak kelebihan yaitu lebih bersih, canggih, dan jernih.

"Manfaatnya banyak, terutama dalam sumber daya frekuensi, nanti mungkin frekuensi yang selama ini banyak dipakai oleh keperluan untuk transmisi analog, nanti mungkin dipakai oleh pemerintah untuk keperluan yang lain-lain yang lebih strategis," katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022