PT Pupuk Kujang memastikan stok pupuk urea maupun organik untuk kebutuhan petani menjelang musim tanam padi di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dalam kondisi aman sesuai usulan petani.

"Stok pupuk bersubsidi sangat aman," kata Vice President Komunikasi Perusahaan Pupuk Kujang Ibrahim Herlambang kepada wartawan di Tasikmalaya, Jabar, Selasa.

Baca juga: Wagub Jabar pastikan Tol Gegebage-Tasikmalaya-Cilacap dibangun Maret 2022

Ia menuturkan Pupuk Kujang telah mempersiapkan stok pupuk bersubsidi di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya sesuai alokasi yang diusulkan petani menjelang musim tanam padi gadu.

Ia menyebutkan pihaknya menyiapkan pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 64.472 ton terdiri atas 45.218 ton pupuk urea dan 19.254 ton pupuk organik.

Sedangkan, untuk Kota Tasikmalaya, kata dia, mendapat alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 3.787 ton terdiri atas 3.079 ton pupuk urea dan 708 ton pupuk organik.

Alokasi itu, lanjut dia, dibuat oleh pemerintah daerah setempat dan disusun berdasarkan usulan dari petani, bahkan disiapkan juga stok melebihi ketentuan pemerintah.
 

Ia mengungkapkan stok pupuk urea bersubsidi di Gudang Lini III Awipari, Kabupaten Tasikmalaya, hingga 8 Maret 2022 mencapai 3.168 ton, sedangkan pupuk organik mencapai 462 ton.

Baca juga: Presiden tinjau pelepasan ekspor mobil di Pelabuhan Patimban Jabar

Adanya kondisi stok tersebut, kata dia, maka petani di Tasikmalaya tidak perlu khawatir terjadi kelangkaan pupuk bersubsidi saat memasuki musim tanam.

"Begitu juga dengan stok pupuk untuk daerah lain di luar Tasikmalaya (aman)," kata Ibrahim.

Baca juga: Legislator dorong Pemprov Jabar segera perbaiki jalan rusak

Baca juga: Kasus COVID-19 Jabar meluas ke Bandung Raya karena efek liburan

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022