ANTARAJAWABARAT.com,21/2 - Rombongan dari Pusat Kebudayaan Belanda (Erasmus Huis) melakukan perjalanan dengan menggunakan lori untuk mengunjungi terowongan Lampegan di Kabupaten Cianjur, Selasa.

"Rombongan berangkat menggunakan lori ke Lampegan, mereka akan melakukan kunjungan ke Terowongan Lampegan," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung.

Terowongan Lampegan merupakan terowongan KA di jalur Cianjur - Sukabumi yang saat ini sudah dilakukan revitalisasi namun belum dioperasikan.

Terowongan sepanjang 686 meter itu merupakan terowongan KA terpanjang di Indonesia, dibangun oleh perusahaan kereta api SS (Staats Spoorwegen) dan dibangun pada pada periode 1879 - 1882, namun sempat terputus akibat longsor oleh gempa bumi pada 2001.

Jalur KA peninggalan Belanda itu merupakan salah satu bangunan bersejarah atau heritage yang banyak menarik minat wisatawan mancanegara, terutama dari Belanda.

Jalur Bandung - Cianjur merupakan salah satu jalur KA wisata di wilayah Daop II Bandung. Selain memiliki panorama alam yang indah juga terdapat beberapa bangunan bersejarah dan situs pra sejarah, salah satunya Situs Gunung Padang.

Jalur Cianjur - Sukabumi yang sempat terputus, dipastikan akan kembali terhubung setelah proses revitalisasi rel KA di jalur tuntas, termasuk revitalisasi jalur Cianjur - Bandung.

Jalur Bandung - Cianjur sendiri dilayani oleh KA lokal dengan jadwal satu kali perjalanan PP.***2***(T.S033/B/B008/B008)

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012